“Mager” Saat Ingin Ibadah? Lakukan 8 Tips Berikut ini

\"“Mager”

Sebagai manusia biasa, terkadang dengan alasan apapun adakalanya kita kerap terkena ‘virus’ malas untuk melaksanakan ibadah yang sifatnya rutinitas seperti shalat dan puasa.

 

Bisa juga karena kesibukan pekerjaan yang ‘luar biasa’ menyita waktu menjadi penyebab ‘mager’ saat waktunya tiba untuk beribadah.

 

Namun, ada juga lho, mereka yang kesibukannya luar biasa padat namun tetap bisa bersemangat dalam menjalankan ibadahnya. Apa sih yang membuat mereka terus bersemangat dalam beribadah? Berikut adalah beberapa tips agar selalu bersemangat dalam menjalankan ibadah:

 

Baca juga: Orang yang Lalai Ibadah Tapi Diberikan Rezki Melimpah, Hati Hati Istidraj

1.  Niat yang tulus

Mulailah setiap ibadah dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ingatlah bahwa ibadah adalah bentuk pengabdian kita kepada-Nya.

 

2.  Pahami makna ibadah

Usahakan untuk memahami makna dan tujuan dari setiap ibadah yang kamu lakukan. Ketika kamu memahami pentingnya ibadah tersebut, kamu akan lebih termotivasi untuk melakukannya dengan semangat.

 

3.  Jadwalkan ibadah

Buatlah jadwal rutin untuk menjalankan ibadah. Dengan memiliki jadwal yang teratur, kamu akan lebih mudah mengatur waktu dan memprioritaskan ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

 

4.  Cari lingkungan yang mendukung

Bergabunglah dengan komunitas atau kelompok yang memiliki semangat dalam menjalankan ibadah. Dengan berada di lingkungan yang positif dan mendukung, kamu akan merasa termotivasi dan terinspirasi untuk terus beribadah.

 

Baca juga: Apakah Ibadah Ramadhan Kamu Sudah Berhasil? Ini 3 Tandanya

5.  Baca dan renungkan Al-Qur\’an

Luangkan waktu untuk membaca dan merenungkan ayat-ayat Al-Qur\’an. Dalam Al-Qur\’an terdapat banyak petunjuk dan motivasi untuk menjalankan ibadah dengan semangat.

 

6.  Berdoa

Selalu berdoa kepada Allah agar diberikan kekuatan dan semangat dalam menjalankan ibadah. Berdoa juga merupakan bentuk komunikasi langsung dengan-Nya yang dapat memperkuat ikatan spiritual kita.

 

7.  Ingat akhirat

Selalu ingat bahwa ibadah yang kita lakukan adalah investasi untuk kehidupan akhirat. Memiliki kesadaran akan akhirat akan membantu kita untuk tetap bersemangat dan konsisten dalam menjalankan ibadah.

 

8.  Evaluasi diri

Lakukan evaluasi diri secara berkala untuk melihat sejauh mana kemajuan ibadah kita. Dengan melihat perkembangan yang telah kita capai, kita akan merasa termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas ibadah kita.

 

Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu untuk tetap bersemangat dalam menjalankan ibadah. Ingatlah bahwa semangat dalam ibadah adalah hal yang penting, karena ibadah adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mencapai kebahagiaan sejati.

 

Baca juga: Jenis Amal dan Ibadah yang Dicintai Allah SWT

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.