BSI Maslahat Berikan Bantuan Permodalan Ke Mahasiswa di Program Sociopreneur Sebesar Rp185 juta

BSI Maslahat memberikan permodalan dalam program BSI Maslahat Sociopreneur kepada mahasiswa sociopreuner UMY. Pemberian permodalan ini dilakukan di akhir pertemuan antara BSI dengan LPKA (Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni) Universitas Muhammadiyah Yogya dalam agenda BSI Scholarship pada Jum’at, 28 Juli 2023.

Hadir dalam agenda ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kajian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK UMY), Faris Al Fadhat, Ph.D; Kepala Divisi Konseling dan Kesejahteraan Mahasiswa UMY, Muhammad Arif Rizqi; Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni UMY, Dr. apt. Rifki Febriansah; Kantor Kas BSI Yogyakarta UMY, Delfi Susanti dan perwakilan BSI Maslahat.

Total penerima manfaat di kampus UMY ada sebanyak 28 awardee untuk program BSI Maslahat Scholarship dan 5 awardee untuk program BSI Maslahat Sociopreneur. Dari 5 penerima manfaat program BSI Maslahat Sociopreneur, hanya 2 awardee yang terpilih mendapatkan bantuan permodalan. Diantaranya usaha Summit Coffee Ahmad Syaoqi Fuadi dengan bantuan modal sebesar Rp85.000.000, lalu usaha Ombah Indonesia Muhammad Ibnu Rizki dengan bantuan modal sebesar Rp100.000.000.

Manager LIKES & Education Group BSI Maslahat, Aprilia Eviyanti menyampaikan bantuan permodalan ini merupakan upaya untuk mendorong inovasi sosial di kalangan mahasiswa. “Bantuan ini bertujuan untuk mendukung mahasiswa yang memiliki minat dan keseriusan dalam menciptakan perubahan sosial positif melalui pendekatan kewirausahaan,” kata Aprilia Eviyanti.

BSI Maslahat Sociopreneur merupakan program inkubasi bisnis bagi penerima beasiswa di tingkat mahasiswa yang memiliki kompeten untuk disiapkan sebagai local hero di daerah asalnya dengan cara membangun bisnis yang memiliki dampak sosial.

Dengan program ini diharapkan BSI Maslahat bisa ikut serta dalam melahirkan wirausaha muda muslim yang memiliki kemandirian ekonomi dan bisnis serta pemberdayaan kepada masyarakat di sekitarnya.

Program BSI Maslahat Sociopreneur sudah berjalan sejak tahun 2018 dan memiliki 3 angkatan dengan penerima manfaat 130 mahasiswa di 7 kampus. Tahun 2022 BSI Maslahat Sociopreneur membuka 100 penerima manfaat yang terpilih dari 32 kampus Hingga saat ini total penerima manfaat berjumlah 230 dengan terbentuk 150 bisnis yang masih berjalan sampai saat ini. Mereka telah menyediakan 279 lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Adapun dana permodalan yang digulirkan sebesar 4,37 M.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan beramal maksimal melalui goamal.org (konfirmasi donasi melalui call center http://wa.me/6281386819483). Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui Goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan.