Potensi transaksi zakat infaq dan wakaf di aplikasi BSI Mobile bisa dibilang masih cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari data siaran pers resmi dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang dipublikasikan ke media.
Tercatat hingga Mei 2023, transaksi BSI didominasi oleh transaksi melalui BSI Mobile dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 140 juta transaksi, dengan porsi transaksi ZISWAF mencapai lebih dari 4.7juta transaksi.
Transaksi dengan traffic tertinggi dalam layanan ZISWAF BSI, adalah fitur Zakat, Infaq, dan Donasi Program Ramadhan. Hal ini menunjukkan bahwa BSI Mobile menjadi pilihan nasabah guna mempercepat transaksi yang bahkan bersifat sosial karena nasabah dapat melakukan dan menyebarkan kebaikan dimanapun dan kapanpun.
Baca juga: BSI Maslahat Ajak Masyarakat Apresiasi Veteran Melalui BSI Mobile
Menurut SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih BSI Mobile hadir sebagai one stop solution, yakni aplikasi mobile banking berbasis syariah yang dapat menghadirkan layanan lengkap, mulai dari pembukaan tabungan secara online, transfer dan bayar, pembiayaan, hingga investasi emas.
“Selain itu, kami juga dapat sampaikan bahwa aplikasi mobile banking kami berbeda dari yang lain karena dapat menjadi sahabat finansial, sosial dan bahkan spiritual bagi para penggunanya,” kata Saut.
Saut menyampaikan preferensi masyarakat terhadap penggunaaan aplikasi digital terus mengalami peningkatan. Era digital menjadi satu hal yang pasti untuk membentuk perilaku masyarakat bertransaksi, termasuk transaksi finansial dan sosial.
BSI, lanjut Saut, terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan digital, salah satunya melalui BSI Mobile. Strategi transformasi digital yang BSI jalankan, dilakukan seiring dengan perubahan pola konsumen yang kini mengandalkan digital.
Baca juga: Mudahnya Berkurban ke BSI Maslahat Secara Digital melalui BSI Mobile
“Melalui aplikasi BSI Mobile, pola konsumen yang preferensinya semakin mengedepankan digital akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi finansial, seperti buka tabungan online, transfer, mengisi e-money dan sebagainya. Bahkan kami juga memberikan layanan transaksi sosial seperti membayar zakat, infak dan sedekah yang tersedia di dalam BSI Mobile,” jelas Saut.
Bagi nasabah BSI yang didominasi oleh generasi Z dan milenial dengan rentang umur 18-35 tahun, kemudahan digital merupakan sebuah fitur yang menjadi sebuah keharusan.
Oleh karena itu, BSI terus mengembangkan BSI Mobile sebagi platform digital utama guna mengikuti kebutuhan nasabah BSI yang beragam. Selain kemudahan transaksi finansial, BSI Mobile juga menyediakan berbagai kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan transaksi sosial dan bahkan layanan spiritual, seperti arah kiblat, masjid terdekat, dan waktu sholat.
Baca juga: Cara Mudah Membeli Hewan Kurban di BSI Maslahat Melalui BSI Mobile
BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.
Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan beramal maksimal melalui goamal.org (konfirmasi donasi melalui call center http://wa.me/6281386819483). Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.
Sedangkan goamal.org https://www.goamal.org/ goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan.