Simak 10 Tips Menjaga Kesehatan Menghadapi Polusi Udara di Jabodetabek

\"\"

Beberapa hari terakhir, wilayah Jabodetabek menghadapi masalah serius terkait polusi udara yang semakin memburuk. Tingginya tingkat polusi udara telah menarik perhatian luas dari masyarakat, pemerintah, dan organisasi lingkungan.

 

Tingkat polusi udara di Jabodetabek meningkat secara signifikan dalam beberapa hari terakhir. Parameter seperti Particulate Matter 2.5 (PM2.5) dan Particulate Matter 10 (PM10) melampaui batas aman yang ditetapkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan (BPL) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

 

Beberapa hal yang diperkirakan menjadi penyebab polusi udara ini di antaranya adalah tingginya jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi, aktivitas konstruksi, pembakaran sampah, serta cuaca yang tidak mendukung penyebaran polutan.

 

Pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah polusi udara ini, salah satunya dengan pemberlakuan kembali Work Form Home (WFH) bagi ASN dan Kementerian.

 

Baca juga:   Tips Cara Mengatasi Insecure, Coba Terapkan pada Diri Sendiri

 

Tingkat polusi udara yang tinggi berdampak buruk pada kesehatan penduduk Jabodetabek. Berikut 10 tips yang dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan saat menghadapi polusi udara:

 

        1.Pantau Kualitas Udara

 

Selalu periksa indeks kualitas udara sebelum beraktivitas di luar ruangan. Banyak kota yang memiliki aplikasi atau situs web yang memberikan informasi tentang tingkat polusi udara saat ini.

 

        2.Gunakan Masker Pelindung

 

Saat tingkat polusi udara tinggi, pertimbangkan untuk menggunakan masker wajah yang dirancang khusus untuk melindungi Anda dari partikel-partikel kecil di udara.

 

        3.Batasan Aktivitas di Luar Ruangan

 

Jika kualitas udara buruk, hindari aktivitas di luar ruangan, terutama saat pagi dan sore hari ketika polusi udara biasanya lebih tinggi.

 

        4.Ciptakan Udara Bersih di Dalam Ruangan

 

Gunakan alat penjernih udara (air purifier) di dalam rumah, terutama di kamar tidur, untuk mengurangi paparan terhadap partikel-partikel polusi udara.

 

        5.Tutup Jendela dan Pintu

 

Saat tingkat polusi udara tinggi, pastikan jendela dan pintu rumah Anda tertutup rapat untuk mencegah masuknya partikel-partikel polutan.

 

        6.Pertahankan Kelembapan

 

Mempertahankan kelembapan di dalam rumah dapat membantu mengendalikan partikel-partikel polusi udara yang lebih kecil.

 

Baca juga:   Simak Tips Mempersiapkan Kampus Impian Versi Youtuber dan Master Candidate Harvard Zhafira Aqyla

 

        7.Kebersihan Jaga Rumah

 

Rajin membersihkan rumah, terutama dengan mengepel lantai dan membersihkan permukaan yang dapat menangkap partikel-partikel polusi.

 

        8.Konsumsi Makanan Bergizi

 

Makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan melindungi paru-paru dari efek buruk polusi udara.

 

        9.Berolahraga di Tempat Tertutup

 

Jika Anda biasanya berolahraga di luar ruangan, ukurannya untuk berolahraga di dalam ruangan, seperti di pusat kebugaran, saat tingkat polusi udara tinggi.

 

        10.Perhatikan   Gejala Kesehatan

 

Jika Anda mengalami gejala seperti sesak napas, batuk, atau iritasi mata dan tenggorokan, segera cari perlindungan di dalam ruangan dan konsultasikan dengan profesional kesehatan jika gejala berlanjut.

 

Baca juga: Yuk Simak Tips Penerimaan Beasiswa BSI Lolos Beasiswa Luar Negeri IISMA

 

BSI Maslahat  sebagai mitra utama dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk BSI Maslahat terus meningkatkan syiar sebagai sahabat sosial BSI dalam ekosistem ekonomi syariah.

 

Selain itu  BSI Maslahat  juga berkomitmen untuk menciptakan program pemberdayaan yang berkualitas serta berusaha menjembatani ekonomi untuk memenuhi kebutuhan umat. Penciptaan sumber daya baru juga diperlukan untuk meningkatkan keberlanjutan lembaga.

 

Beroperasi sejak 17 November 2001, Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSM Umat) telah bertransformasi menjadi Yayasan Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) pada 29 Juli 2022. Transformasi ini, sebagai upaya memperkuat kiprah lembaga di tengah masyarakat dan sebagai upaya meningkatkan kemitraan dengan mitra strategi BSI Maslahat yaitu PT Bank Syariah Indonesia, Tbk.

 

BSI Maslahat  merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada prinsip ekonomi yang berkelanjutan.

 

Sehingga program pemanfaatan yang dijalankan dapat berdampak luas. Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign baru yaitu Give 20k dan platform donasi digital yang bernama  goamal.org .