10 Destinasi Wisata Dalam Kota Jakarta yang Murah Meriah dan Seru

\"10

Jakarta memiliki beragam tempat wisata, mulai dari wisata alam, kuliner, edukasi, dan lainnya. Bahkan beberapa tempat wisata di Jakarta murah meriah. Namun meski murah, pemandangan dan fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan menyenangkan. Tempat-tempat wisata tersebut juga cocok menjadi destinasi santai dan bermanfaat untuk Anda dan keluarga.

 

Walaupun liburan telah usai beberapa tempat ini bisa menjadi destinasi wisata yang dapat dikunjungi kapan saja. Memilih untuk berlibur ke tempat yang tak jauh dari Jabodetabek menjadi salah satu solusinya. Selain karena faktor lokasi yang dekat, budget terbilang lebih murah dan hemat, lho.

 

Kami merangkum tempat apa saja yang bisa dikunjungi saat liburan bersama keluarga di Ibukota Indonesia.

 

1. Kota Tua

Kota Tua merupakan kawasan yang menyajikan suasana kota tempo dulu dengan bangunan khas zaman kolonial. Setelah direvitalisasi, kawasan Kota Tua menjadi lebih cantik dengan area jalan yang lega sehingga ramah pejalan kaki.

 

Jika ke sini, Anda bisa jalan-jalan santai dan mengunjungi beberapa museum seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Wayang. Untuk tiket masuk museumnya cukup murah yakni sebesar Rp5 ribu saja per orang.

 

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Tempat wisata di Jakarta yang terbilang murah berikutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah alias TMII. Untuk masuk ke tempat ini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk gerbang utama yakni sebesar Rp25 ribu per orang.

 

Di dalamnya, Anda dapat mengunjungi berbagai museum seperti Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Prangko Indonesia, dan masih banyak lainnya.

 

Baca juga: Halal Lifestyle Untuk Menggapai Ketenangan dan Kebahagiaan

 

3. Taman Margasatwa Ragunan

Tempat wisata berikutnya ini adalah kebun binatang bernama Taman Margasatwa Ragunan. Taman wisata ini memiliki luas 140 hektar dan menyediakan berbagai macam koleksi spesies, mulai dari hewan buas, hewan jinak, hewan ternak, serangga, hingga reptil.

 

Harga tiket masuknya terbilang murah. Untuk dewasa dikenakan biaya Rp4 ribu, sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp3 ribu saja.

 

4. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Apabila Anda ingin berwisata ke alam, Taman Wisata Angke Kapuk dapat menjadi pilihan. Selain suasananya yang teduh dan udaranya yang sejuk oleh pepohonan, tempat ini juga memiliki spot-spot menarik untuk berfoto.

 

Objek wisata yang berada di Jakarta Utara ini buka pada pukul 09.00-17.30 WIB. Adapun harga tiket masuknya mulai Rp15 ribu saja.

 

5. Monumen Nasional

Monumen Nasional alias Monas merupakan objek wisata yang cukup populer dan menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Jakarta. Pengunjung dapat berjalan-jalan santai mengelilingi Tugu Monas atau bersantai di area sekitar.

 

Untuk masuk ke area Monas, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun jika ingin masuk ke Museum Sejarah Nasional dikenakan biaya masuk sebesar Rp15 ribu.

 

6. Museum Gajah

Wisata edukasi yang bisa dikunjungi bersama buah hati selanjutnya adalah Museum Gajah. Seperti namanya, di halaman depan museum ini terdapat patung gajah.

 

Melansir situs Museum Nasional, dulunya gedung ini digunakan oleh pemerintahan Belanda untuk menyimpan koleksi dari hasil penelitian di bidang seni dan ilmu pengetahuan.

 

Tiket masuk museum ini cukup murah, untuk dewasa dikenakan biaya Rp10 ribu per orang dan anak-anak Rp5 ribu.

 

7. Pantai Mutiara Pluit

Pantai Mutiara Pluit merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang belum banyak diketahui orang-orang. Di tempat ini, Anda dapat menikmati keindahan pemandangan alam dan melihat matahari tenggelam yang indah.

 

Pantai ini buka dari pukul 05.00-20.00 WIB dengan harga tiket masuk yang cukup murah, yakni sebesar Rp10 ribu saja.

 

8. Taman Suropati

Suasana di Taman Suropati, Jakarta, Jumat, 11 September 2020. Pemprov DKI Jakarta akan kembali menutup ruang publik pada Senin, 14 September 2020 untuk mencegah kerumunan saat pemberlakuan kembali PSBB total guna menekan penyebaran COVID-19.Ilustrasi.

 

Jika Anda ingin menikmati suasana taman kota, Anda dapat mengunjungi Taman Suropati yang terletak di Menteng. Di tempat ini terdapat enam monumen hasil karya beberapa seniman dari negara tetangga.

 

Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati suasana taman kota yang segar di Taman Suropati dengan gratis.

 

9. Planetarium

Satu lagi wisata edukasi yang akan memberikan pengalaman yang berbeda yakni Planetarium. Tempat ini cocok dikunjungi bersama anak-anak, sebab mereka akan senang melihat planet dan bintang yang dirancang layaknya alam semesta.

 

Untuk harga tiketnya sendiri cukup murah, yakni Rp7 ribu untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.

 

10. Mangrove Angke Kapuk

Jakarta Utara memiliki hutan bakau yang bisa dikunjungi saat liburan bersama keluarga. Mangrove Angke Kapuk ini merupakan tempat wisata alam yang dibuka untuk umum. Akan disuguhkan pemandangan alam yang cukup indah dengan aneka tanaman dan pepohonan rimbun.

 

Bahkan, ada sejumlah spot menarik yang instagramable,lho. Berwisata membuat relax pikiran dengan aktivitas baru. Tapi akan lebih baik ketika berwisata sambal terus berbuat baik dengan bersedekah.

 

Bersedekah di BSI Maslahat dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui BSI Mobile atau melalui platform goamal.org.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui Goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yan ingin didonasikan.