11 Amalan Penghapus Dosa, Sudah Tunaikan yang Mana?

\"\"

Setiap manusia pasti pernah mengalami kesalahan. Namun sebaik-baik orang yang  melakukan kesalahan adalah mereka yang memperbaiki kesalahan dan berkomitmen bertaubat.

 

Allah SWT sangat mencintai hamba-Nya yang bertaubat. Sebagaimana dalam Surat An Nur ayat 31, Ûš… وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ “Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.”

 

Dalam bertaubat ada 11 amalan yang dapat menghapus dosa, di antaranya,

 

1. Sholat Tepat Waktu, Berbuat Baik kepada Orang Tua dan Jihad fi sabilillah

 

قالت السيدة عائشة -رضي الله عنها- سَأَلْتُ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ: «أيُّ العَمَلِ أحَبُّ إلى اللَّهِ؟ قالَ: الصَّلاةُ علَى وقْتِها، قالَ: ثُمَّ أيٌّ؟ قالَ: ثُمَّ برُّ الوالِدَيْنِ، قالَ: ثُمَّ أيٌّ؟ قالَ: الجِهادُ في سَبيلِ اللَّهِ، قالَ: حدَّثَني بهِنَّ، ولَوِ اسْتَزَدْتُهُ لَزادَنِي

 

Aisyah RA, berkata, “Aku bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang amalan apakah  yang paling disukai oleh Allah? Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Kemudian apa? Beliau menjawab, “Berbuat baik kepada kedua orangtua.” Kemudian apa? Beliau menjawab, “Jihad fi sabilillah.”

 

2. Memohon ampunan kepada Allah SWT

 

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Nuh ayat 10.

 

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا “..Maka aku berkata (kepada mereka), \”Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Mahapengampun.”

 

3. Sedekah kepada yang membutuhkan

 

Sedekah itu memadamkan murka Allah dan menghapus dosa, dan sedekah memiliki keutamaan antara lain pelindung dari api pada Hari Kiamat, mendapat naungan pada Hari Kebangkitan, sebagaimana dia adanya.

 

Salah satu dari tujuh orang yang dinaungi Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, dan sedekah adalah obat penyakit fisik, dan obat penyakit jantung, para malaikat pemberi sedekah berdoa kepadanya setiap hari.

 

4. Melakukan Puasa

 

Puasa adalah penghapus dosa, dan hanya Allah yang mengetahui pahalanya. Puasa juga  bertujuan untuk memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik dan dekat dengan Allah SWT.

 

Selain itu puasa adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.  Dalam melatih orang agar bisa menjalin empati dan solidaritas dengan sesama umat Muslim.

 

5. Melakukan Toleransi dan Ampunan

 

Hal ini karena toleransi dan ampunan termasuk penghapus dosa dan bukti takwa.  Dalam Islam, Allah SWT dikenal sebagai Maha Pengampun dan Maha Penyayang, dan umat Muslim diajarkan untuk senantiasa memohon ampunan-Nya serta menunjukkan toleransi dan ampunan kepada sesama makhluk-Nya.

 

6. Melakukan Haji

Berhaji dapat menghapus dosa dan haji itu pahalanya seperti kembali darinya saat ibunya melahirkannya. Dalam agama Islam, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk menunaikan ibadah tersebut. Ibadah haji memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah sebagai penghapus dosa.

 

7. Membantu orang yang lemah

 

Membantu orang yang lemah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Hal ini terkait dengan ajaran Islam yang memerintahkan umatnya untuk selalu berbuat baik dan membantu sesama.

 

8. Memenuhi amanah, kebenaran ucapan, dan pergaulan yang baik, yang dicintai Allah.

 

Memenuhi amanah, kebenaran ucapan, dan pergaulan yang baik merupakan perilaku yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Hal ini terkait dengan ajaran Islam yang mendorong umatnya untuk selalu berbuat jujur dan memiliki akhlak yang baik dalam segala aspek kehidupan.

 

9. Berdzikir, dengan tasbih, tahmid, dan tahlil.

 

Berdzikir dengan tasbih, tahmid, dan tahlil merupakan amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Berdzikir merupakan tindakan mengingat Allah SWT dengan menyebutkan nama-Nya atau membaca kalimat-kalimat tertentu, seperti tasbih, tahmid, dan tahlil.

 

10. Berperilaku baik

 

Berperilaku baik merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Berperilaku baik mencakup segala aspek kehidupan, baik dalam hubungan dengan Allah SWT maupun dalam hubungan dengan sesama manusia.

 

11. Menyayangi saudaranya dengan tulus

 

Menyayangi saudara dengan tulus merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dan dianggap sebagai penghapus dosa. Dalam Islam, saudara bukan hanya sebatas keluarga, tetapi juga termasuk sesama umat Muslim.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. 

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.