6 Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 148, Berlomba-lomba dalam Kebaikan

\"6

Allah SWT berfirman melalui surat Al Baqarah ayat 148 bahwa setiap umat yang ada di muka bumi ini memiliki kiblat masing-masing. Tidak ada kelebihan antara satu kiblat dengan lainnya. Karena yang terpenting dalam beragama adalah kepatuhan kepada Allah dan kebaikan hati terhadap orang lain.

 

Dijelaskan dalam Tafsir Kementerian Agama RI, maksud setiap umat memiliki kiblat masing-masing, yaitu: umat Islam kiblatnya menghadap ke Ka\’bah, umat Bani Israil ke Baitulmakdis, dan orang Nasrani ke Timur. Allah juga peka bahwa perbedaan kiblat ini bukanlah masalah bagi-Nya.

 

Oleh karena itu, hendaklah umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan hati. Misalnya dengan bekerja lebih giat, beramal lebih banyak, bertaubat dan lain sebagainya. Sebab, nantinya Allah akan mengumpulkan seluruh umat manusia untuk menghitung serta membalas segala amal perbuatan mereka. Allah berfirman:

 

وَلِكُلٍّ وِّجۡهَةٌ هُوَ مُوَلِّيۡهَا ۚ فَاسۡتَبِقُوا الۡخَيۡرٰتِؕ اَيۡنَ مَا تكُوۡنُوۡ ا يَاۡتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيۡعًا ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ

 

Artinya: “Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al Baqarah: 148).

 

Isi Kandungan Surat Surat Al Baqarah Ayat 148

 

Bachrul Ilmy menjelaskan dalam buku Pendidikan Agama Islam, selain perintah untuk selalu berlomba dalam meraih kesuksesan di dunia maupun akhirat, beberapa kandungan lain yang tertuang dalam surat Al Baqarah ayat 148, yaitu:

 

1.       Setiap umat pasti mempunyai atau memiliki kiblat yang berbeda-beda, kiblat umat Islam adalah Ka\’bah yang merupakan lambang persatuan umat Islam. Selain itu, Allah menyuruh umat-Nya untuk tidak perlu melayani cemooh dari orang yang ingkar akan hal ini.

 

2.       Agama atau umat yang ada di dunia ini bermacam-macam, tetapi semuanya pasti melarang kebenaran dan kebaikan.

 

3.       Umat Islam harus memiliki sikap yang rajin, bersunguh-sungguh, giat, selalu beramal dan berlomba-lomba dalam mengerjakan suatu kebaikan atau amal sholeh. Karena kebaikan ini akan menjadi bekal untuk di akhirat nanti.

 

4.       Kebaikan sekecil apapun yang dikerjakan selama di dunia pasti akan mendapatkan balasan. Begitu juga sebaliknya, kejahatan sekecil apapun juga pasti akan Allah berikan balasannya.

 

5.       Melalui ayat ini, Allah juga membedakan kepada umat-Nya bahwa setelah hidup di dunia masih ada kehidupan selanjutnya, yaitu alam akhirat.

6.       Allah adalah Tuhan Yang Maha Kuasa yang akan mengumpulkan kita semua di Yaumul Akhir nanti dan Dia juga yang akan memberikan balasan atas apa yang telah umat-Nya kerjakan selama hidup di dunia.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategi dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada keikutsertaan. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan.