ITS dan IPB, Dua Kampus Pelopor Cash Wakaf Linked Sukuk untuk Pendidikan

\"\"

Pemerintah berkomitmen untuk mengembangkan inovasi keuangan syariah melalui sukuk negara. Salah satunya dengan diterbitkannya cash wakaf linked sukuk (CWLS) yang merupakan alternatif investasi ‘wakaf uang’ dalam sukuk negara. Penerbitan CWLS sampai tahun 2023 ini sebanyak 8 kali dengan total Rp 678,1 Miliar baik itu secara private placement maupun bookbuilding.

 

CWLS secara private placement diterbitkan pemerintah dengan tujuan untuk memfasilitasi para pewakaf uang baik secara kontemporer maupun permanen. Hal ini bertujuan agar pewakaf dapat menempatkan dana yang dimiliki pada instrumen investasi yang aman dan produktif. Salah satunya digunakan untuk pembiayaan program pendidikan seperti yang telah dipelopori oleh kampus ITS dan IPB.

 

Pada 30 Juni 2022 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi yang pertama dalam penempatan dana abadi (endowment fund) perguruan tinggi pada instrumen CWLS secara private placement sebesar 50 Miliar rupiah dengan proses akad wakalah. Imbal hasil yang diterima oleh BWI sebagai nazhir wakaf adalah 6,51 persen dengan tingkat imbalan setidaknya 5 persen yang akan disalurkan ke mitra pemanfaatan melalui mitra BWI.

 

Tak hanya itu, Badan Wakaf Indonesia (BWI) bekerjasama dengan IPB University menjalin kerjasama pengelolaan investasi CWLS ritel senilai Rp200 Miliar. Sukuk wakaf IPB ini merupakan yang pertama dan terbesar yang dikelola oleh BWI.

 

Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satria, menerangkan bahwa pentingnya literasi wakaf demi  memaksimalkan potensi wakaf di Indonesia. Imbal hasil yang diterima akan lebih besar daripada deposito yang hanya 2,5 persen sedangkan dengan skema sukuk wakaf ini imbal hasil yang didapatkan bisa sebesar 6 persen dan bebas pajak.

 

Kedua kampus tersebut mengelola dana abadi melalui skema wakaf private placement yang mana dapat memberikan keuntungan secara optimal yang bisa dikembalikan pada saat jatuh tempo sukuk wakafnya. Selain itu seluruh dana dijamin oleh pemerintah dengan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan dana sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan QRIS. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.