Sejarah, Nama, Bentuk dan Makna Ketupat di Indonesia

\"\"

Ketupat adalah salah satu makanan yang wajib ada di meja makan saat hari raya idul fitri. Karena identiknya ketupat dengan lebaran, parcel pun dihiasi oleh asesoris bentuk ketupat sebagai penanda bahwa bingkisan tersebut adalah parcel lebaran. Tidak ada ketupat rasa lebaran menjadi kurang lengkap.

Tidak semua orang menyukai ketupat tapi hampir disetiap rumah ada ketupat,baik itu membuat sendiri, membelinya atau diberi oleh orang lain.

Berbeda daerah berbeda pula penyebutan nama ketupat. Selain ketupat yang umum terbuat dari janur dan diisi dengan beras, ada beberapa jenis ketupat lainnya diantaranya ketupat bareh dari Sumatera Barat, ketupat Pulut dari Medan, ketupat Kapau dari Pekan Baru, ketupat palas ketupat yang di tutup daun lontar, ketupat landan dari Banjarnegara, ketupat pandan dan ketupat kandangan dari Kalimantan.

Dari berbagai bentuknya ketupat juga memiliki berbagai nama yaitu Ketupat Tumpeng, Ketupat Jago, Ketupat Bata, Ketupat Bagea, Ketupat Pandawa, Ketupat Sidalungguh, Ketupat Geleng, Ketupat Sari, Ketupat Debleng, Ketupat Sidapurna dan Ketupat Bebek.

Ketupat sering juga disebut kupat yang dalam Bahasa jawa terdiri dari dua kata yakni “Pat” – “Lepat”. Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia Pat artinya kesalahan dan Lepat artinya di luar atau terbebas.

Dengan demikian ketupat dapat diartikan sebagai symbol kebebasan dari kesalahan dan saling memaafkan antara sesama.

Umumnya ketupat memiliki empat sudut yang melambangkan empat sisi nafsu dalam diri manusia dengan proses direbus maka empat nafsu tersebut juga direbus untuk dibersihkan dan menghasilkan nafsu yang bersih dari segala sifat kotornya.

Ketupat merupakan sebuah symbol yang sarat akan makna tetapi bukan berarti tidak adanya ketupat akan mempengaruhi perubahan diri menjadi lebih baik di hari yang fitri.

Setelah melakukan amal yang maksimal di bulan Ramadan menjadi lebih sempurna jika semua kebiasaan baik tersebut di lanjutkan di luar Ramadan. Berempati terhadap kesulitan orang lain menjadi salah satu tanda semakin bertambahnya keimanan di dalam dada seorang muslim.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

BSI Mobile mempermudah umat islam dalam menunaikan zakat Infaq dan sedekah. Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui Goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yan ingin didonasikan.