BSI Maslahat Selenggarakan Pelatihan Untuk Santri & Pembina Rumah Qur’an Bina Santri Indonesia 2024

Bandung, 24-16 Juli 2024. Rumah Qur’an Bina Santri Indonesia menyelenggarakan pelatihan untuk santri dan Pembina di Summer Hills Hotel and Villas. Peserta program pembinaan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini diikuti oleh 39 santri 8 pembina dan asisten. Pelatihan ini dihadiri oleh Manager Waqf Group, Bagus Ichwantoro dan Pembina Rumah Qur’an, Kiai Muadz.

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan soft skill santri seperti public speaking, meningkatkan self development terkait sociopreneur dan kemampuan problem solving, leader speak melalui social project group session. Harapannya para santri mampu menjadi problem solver dan berperan pada lingkungan sekitarnya.

Program Rumah Qur’an Bina Santri Indonesia merupakan program beasiswa untuk santri lulusan tingkat SLTP yang memiliki hafalan, bacaan dan minat untuk belajar Al-Qur’an. Program Rumah Qur’an BSI ini bertujuan untuk melahirkan lulusannya menjadi seorang guru, imam masjid, dai ekonomi syariah dan entrepreneur.

Selain pelatihan yang diperuntukan untuk santri, agenda ini juga diperuntukan juga untuk para pembina santri. Materi yang diberikan yaitu meliputi kependidikan, profesionalisme kerja dalam Islam, indahnya kebersamaan, public speaking dan social project group session.

Dalam rangka untuk mencapai outcome yang berkualitas dan sesuai dengan target yang diharapkan dari program Rumah Qur’an BSI, maka salah satu faktor yang perlu ditingkatkan adalah kualitas pengajar dan proses pembelajaran. Targetnya yaitu meningkatkan profesionalisme pengajar, meningkatkan kualitas proses pembelajaran, serta meningkatkan kualitas pengajar. Agenda ini diawali dengan sesi materi dan diakhiri dengan kegiatan outdoor pada hari terakhir. 

Pembina Rumah Qur’an BSI Kiai Muadz menyampaikan, “Alhamdulillah seluruh keluarga besar Rumah Qur’an BSI Maslahat ada santri dan pengajarnya bisa mengikuti agenda yang sangat bermanfaat ini, tujuannya selain untuk menambah pengalaman menjalin keakraban dan bagi mereka,” ucap Kiai Muadz.

Salah satu santri bernama Kays Khalil menyampaikan ulasannya atas agenda ini. Ia mengucapkan rasa terimakasih banyak kepada BSI Maslahat yang telah mengadakan agenda ini. Ia berharap semoga kegiatan positif seperti ini akan diadakan kembali.

“Alhamdulillah dari pelatihan 3 hari ini saya mendapat banyak sekali manfaat dari ilmu public speaking, team work, problem solving. Ilmunya tentu bisa kami terapkan untuk kehidupan bermasyarakat nanti,” jelasnya.

BSI Maslahat memiliki program Rumah Qur’an yang tersebar di beberapa titik seluruh Indonesia. Santri-santri tersebut terdiri dari boarding dan non boarding. Mari bersedah alat tulis untuk para santri https://digital.bsimaslahat.or.id/campaign/sedekah-alat-tulis-untuk-santri .

Bagi lembaga, masjid atau perusahaan yang membutuhkan mitra strategis terpercaya untuk menyalurkan dana zakat, dana sosial dan dana SCR, silahkan dapat menjadikan kami BSI Maslahat sebagai sahabat kebaikan Anda.

BSI Maslahat adalah lembaga Amil Zakat Nasional mitra strategis yang terpercaya, terdepan dan modern dalam menguatkan keuangan & ekosistem ekonomi syariah.