Al Muqtadir Artinya Maha Menentukan, Seperti Apa Maksudnya?

\"Al

Al Muqtadir adalah salah satu nama Allah SWT yang tercantum dalam Al-Qur\’an. Nama ini terambil dari kata \”qaddara\” yang berarti menetapkan, menentukan, atau menetukan.

 

Secara bahasa, Al Muqtadir berarti Maha Menentukan. Artinya, Allah SWT memiliki kekuasaan penuh untuk menentukan segala sesuatu, baik yang besar maupun yang kecil, yang baik maupun yang buruk.

 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur\’an Surat Al- An’am ayat 65:

 

قُلْ هُوَ الْقَادِرُ عَلٰٓى اَنْ يَّبْعَثَ عَلَيْكُمْ عَذَابًا مِّنْ فَوْقِكُمْ اَوْ مِنْ تَحْتِ اَرْجُلِكُمْ اَوْ يَلْبِسَكُمْ شِيَعًا وَّيُذِيْقَ بَعْضَكُمْ بَأْسَ بَعْضٍۗ اُنْظُرْ كَيْفَ نُصَرِّفُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّهُمْ يَفْقَهُوْنَ 65

 

Artinya:Katakanlah (Muhammad), “Dialah yang berkuasa mengirimkan azab kepadamu, dari atas atau dari bawah kakimu atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan) dan merasakan kepada sebagian kamu keganasan sebagian yang lain.” Perhatikanlah, bagaimana Kami menjelaskan berulang-ulang tanda-tanda (kekuasaan Kami) agar mereka memahami(nya).

 

Baca juga: Doa dan Dzikir Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT

 

Allah SWT Maha Menentukan segala sesuatu sesuai dengan kehendak dan hikmah-Nya. Allah SWT tidak pernah salah dalam menentukan sesuatu, baik itu yang berkaitan dengan manusia, alam semesta, maupun seluruh makhluk di dalamnya.

 

Sebagai orang beriman, kita harus meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah SWT. Kita tidak boleh menyalahkan Allah SWT atas segala musibah yang menimpa kita. Sebaliknya, kita harus sabar dan ikhlas menerimanya.

 

Kita juga harus berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam hidup ini. Kita harus berusaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

 

Baca juga: 4 Cara Allah Menyampaikan Perintah Berzakat dalam Al Quran, Apa Saja?

 

Dengan meyakini bahwa Allah SWT adalah Al Muqtadir, kita akan menjadi orang yang lebih sabar, tawakal, dan tidak mudah putus asa.

 

Salah satu cara meneladani sifat Al Muqtadir adalah dengan berserah diri kepada Allah SWT dan mematuhi segala perintah dan larangan-Nya. Kita juga harus berdoa kepada Allah SWT dengan nama Al Muqtadir agar diberikan kemudahan dan keberkahan dalam segala urusan.

 

Baca juga: Cara Menghadapi Ujian yang Diberikan oleh Allah SWT

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategi dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada prinsip ekonomi yang berkelanjutan.

 

Sehingga pemanfaatan program yang dijalankan dapat berdampak luas. Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign baru yaitu Give 20k dan platform donasi digital yang bernama goamal.org.