Apa Makna Semangka sebagai Simbol Dukungan Palestina?

\"Apa

Gambar potongan buah semangka belakangan ini ramai digunakan sebagai bentuk dukungan untuk Palestina yang tengah berperang melawan Israel. Ternyata, penggunaan semangka menjadi simbol dukungan untuk Palestina karena beberapa alasan.

 

Arti Ilustrasi Semangka Palestina

 

Semangka adalah buah yang tumbuh di Timur Tengah selama berabad-abad dan menjadi hidangan yang populer di Gaza selatan. Warga setempat biasa menikmati fatet ajer berisi semangka mentah, terong, paprika, dan tomat, yang dipanggang dan direbus. Sajian tersebut kemudian disajikan di atas roti pipih dengan minyak zaitun-salah satu bahan pokok makanan Palestina.

 

Baca juga: BSI Maslahat Galang Dana untuk Solidaritas Kemanusiaan Palestina

 

Sejarah Semangka Sebagai Simbol Palestina

 

Sejarah penggunaan semangka sebagai simbol dukungan terhadap Palestina belum disepakati secara pasti. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa semangka digunakan sebagai simbol untuk mendukung Palestina dari upaya Israel mencaplok wilayah atau aneksasi.

 

Semangka juga melambangkan budaya dan identitas Palestina. Dikutip dari laman Al-Jazeera, semangka merupakan buah yang mewakili Palestina. Ia memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam. Oleh karena itu, ilustrasi atau simbol semangka ini sering digunakan untuk memprotes penindasan yang dilakukan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

 

Baca juga: BSI Maslahat dan BSI Sediakan Mobil Musholla di FIFA Match Day Indonesia vs Palestina

 

Selain itu, warna kulit semangka juga sama dengan warna bendera Palestina. Hal ini membuat gambar potongan buah semangka menjadi simbol dukungan yang mudah dikenali.

 

Penggunaan semangka sebagai simbol dukungan juga berasal dari larangan pengibaran bendera Palestina oleh pemerintah Israel. Sejak 1948, pemerintah Israel melarang pengibaran bendera Palestina di wilayahnya. Oleh karena itu, gambar potongan buah semangka menjadi alternatif untuk menunjukkan solidaritas dengan rakyat Palestina.

 

Gambar potongan buah semangka menjadi simbol dukungan untuk Palestina di media sosial sejak Oktober 2023. Emoji tersebut dicantumkan dalam cuitan berisi dukungan kepada Palestina yang salah satu wilayahnya, Gaza, terus digempur Israel sejak Minggu (8/10/2023).

 

BSI Maslahat juga akan terus berupaya untuk meningkatkan jumlah distribusi warteg mobile di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk dapat menjangkau lebih banyak masyarakat yang membutuhkan.

 

Baca juga: Dukung Perkembangan Sepak Bola, PSSI bersama BSI dan Pemkot Surabaya Hadirkan Timnas Indonesia dan Palestina

 

BSI Maslahat, lembaga filantropi sosial dari Bank Syariah Indonesia (BSI), menggalang dana untuk membantu korban konflik di Palestina atas dasar kemanusiaan. Galang dana ini masih dibuka untuk masyarakat yang ikut berpartisipasi.

 

Berdasarkan data dari Badan Pengungsi PBB (UNHCR), jumlah pengungsi di dalam dan di luar Palestina saat ini mencapai 5,7 juta jiwa. Di wilayah Palestina sendiri, terdapat lebih dari 1,5 juta pengungsi yang tinggal di kamp-kamp pengungsian.

 

Selain pengungsi, konflik di Palestina juga menyebabkan banyak korban jiwa dan luka-luka. Kebutuhan mendesak masyarakat Palestina saat ini berupa bantuan pangan, kesehatan, tempat tinggal, air bersih dan sanitasi.

 

Donasi yang terkumpul melalui BSI Maslahat akan disalurkan bersama Forum Zakat melalui mitra lokal di Palestina yang telah terverifikasi resmi oleh Negara. Mitra lokal ini akan menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan mendesak masyarakat Palestina.

 

BSI Maslahat mengajak masyarakat Indonesia untuk terus memberikan bantuan bagi korban konflik di Palestina. Donasi dapat disalurkan ke rekening BSI 7180028007 a.n BSI Maslahat atau bisa juga melalui https://goamal.org/solidaritaspalestina .Informasi & konfirmasi donasi ke nomor 08111888465.