Arti Bismillah, Keistimewaan, dan Waktu Mengucapkannya

\"Arti

Makna bismillah maupun bismillahirrahmanirrahim adalah untuk meniatkan segala sesuatu yang akan dilakukan atas nama Allah. Seolah, muslim mengatakan \’Saya memulai tindakan ini atas nama Allah\’. Tujuannya agar Allah senantiasa memberikan restu, keridaan, kelancaran, dan perlindungan terhadap hal yang akan dilakukan itu.

Dengan mengucap bismillah, muslim tidak hanya meminta restu dari Allah tetapi juga terus mengingat Allah sebanyak yang seharusnya.

Kata basmallah atau bismillah berasal dari bahasa Arab yang terdiri atas dua suku kata, yaitu ‘bism’ yang berarti dengan atau oleh atau atas nama dan kata ‘Illah’ yang berarti Tuhan atau Allah. Maka secara menyeluruh arti kata bismillah berarti \’Dengan nama Allah\’.

 

Sementara arti bismillahirrahmanirrahim (بِسْمِ اللَّهِ الرحمن الرَّحِيمِ) memiliki arti \’Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang\’.

 

Baca Juga: Doa dan Dzikir Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT 

 

Keistimewaan Bismillah

 

Perintah untuk memulai segala sesuatu dengan menyebut nama Allah seperti bismillah tertuang dalam surat Al-Muzzammil ayat 8.

 

Artinya, “Sebutlah nama Tuhanmu, dan beribadahlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan”.

 

Rasulullah menyebut bahwa mengucap bismillah merupakan ibadah sunnah karena mengandung banyak kebaikan.

 

Baca Juga: Doa Setelah Baca Yasin Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya

 

Arti Masya Allah dan Waktu Mengucapkannya

Waktu Mengucapkan Bismillah tentunya karena memiliki makna mengingat dan memohon keridhoan Allah atas segala hal, maka mengucap bismillah dapat dilakukan kapan pun.

Bahkan, setiap hendak melakukan segala aktivitas, termasuk mengawali surat saat mengaji.

Salah satunya dalam surat Al-Fatihah yang menjadi bacaan wajib ketika menunaikan ibadah sholat fardhu maupun sunnah.

Selain itu, hukum membaca basmalah yang haram yaitu jika dibaca pada saat melakukan sesuatu yang secara dzatiyah diharamkan oleh agama. Seperti berzina, mabuk, berjudi, menggunjing dan perbuatan-perbuatan lain yang secara dzatiahnya adalah haram. Sebab, tidak ada kebenaran mengerjakan hal yang haram dengan meminta izin Allah.

BSI Maslahat merupakan mitra strategi dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada prinsip ekonomi yang berkelanjutan.

Sehingga pemanfaatan program yang dijalankan dapat berdampak luas. Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign baru yaitu Give 20k dan platform donasi digital yang bernama goamal.org.