Jakarta, 03 Juli 2025 – BSI Maslahat, lembaga filantropi yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat, membuka kesempatan bagi konsultan, peneliti individual, organisasi, maupun lembaga untuk berkolaborasi dalam kajian brand awareness. Program ini bertujuan untuk mengukur dan memahami tingkat kesadaran masyarakat terhadap BSI Maslahat, serta efektivitas program-program yang telah dijalankan.
Pendaftaran untuk pengajuan proposal sudah dibuka mulai 02 Juli 2025 dan akan ditutup pada tanggal 10 Juli 2025. Kesempatan ini terbuka bagi lembaga (institusi/organisasi riset/agency) maupun perorangan (konsultan/peneliti independen) dengan kriteria sebagai berikut:
- Berbadan hukum (untuk lembaga) atau memiliki NPWP dan identitas resmi (untuk perorangan).
- Memiliki pengalaman minimal 3 (tiga) kali dalam pelaksanaan survei sejenis (Brand awareness, Market research, evaluasi program, dsb).
- Bersedia bekerja dalam tenggat waktu yang disepakati.
- Memiliki integritas, profesionalitas, dan komitmen terhadap kerahasiaan data.
- Lembaga/Organisasi boleh mengajukan satu posisi atau 3 posisi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan yang diminta.
Informasi Penting
Design penelitian sudah tersedia termasuk metode penelitian yang akan digunakan, beserta dengan kuesioner penelitian telah tersedia. Peneliti diharapkan akan mereview dan memandu pelaksanaan lapangan yang akan dibantu oleh pembantu peneliti (enumerator lokal) dan Data Analis. Untuk penelitian lapangan dilakukan kurang lebih 2 bulan. Dokumen proposal penelitian lengkap akan diserahkan setelah kontrak dilakukan.
Posisi yang Dibuka:
1. Peneliti Utama
a. Mereview desain metodologi survei yang sudah tersedia (kuantitatif, kualitatif, atau kombinasi) termasuk mereview penetapan target responden sesuai dengan segmentasi audiens lembaga, kuesioner atau panduan FGD, responden yang sesuai dengan kriteria.
b. Memimpin tim enumerator untuk proses pengumpulan data (wawancara langsung, online survey, telepon, dsb).
c. Menjamin kualitas dan validitas data.
d. Menyusun laporan akhir yang mencakup metode, hasil, analisis, dan kesimpulan.
e. Memberikan rekomendasi strategis berdasarkan hasil survei.
f. Menyajikan laporan dalam bentuk presentasi dan laporan narasi secara lengkap dan detail kepada tim lembaga.
Kualifikasi Peneliti Utama
- Gelar Magister (S2) atau minimum S1 dengan pengalaman minimum 8 tahun dan bereputasi.
- Memiliki keahlian atau memahami penelitian bidang pemasaran, market research dan brand suatu produk maupun bidang profesional lainnya yang relevan dengan research brand awareness.
- Kemampuan untuk menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.
- Keterampilan dalam analisis data dan presentasi hasil penelitian.
- Pengalaman dalam menerbitkan hasil penelitian di jurnal akademik atau platform profesional.
2. Data Analyst
a. Membantu peneliti utama mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber terkait penelitian.
b. Membantu peneliti utama melakukan analisis yang mendalam tentang metode statistik, teknik analisis multivariat, dan pemodelan prediktif dalam mendukung data hasil penelitian atau metode yang relevan dalam pengolahan data riset.
c. Mengolah dan menyusun data sebagai support laporan penelitian yang komprehensif.
d. Memberikan rekomendasi berdasarkan temuan penelitian.
e. Berpartisipasi dalam presentasi hasil penelitian kepada tim internal.
3. Enumerator (Asisten Lapangan di Lokasi: Makassar, Surabaya, Jabodetabek, Medan)
a. Melaksanakan sosialisasi, survei, wawancara responden, observasi, pencatatan observasi lapangan dan informasi tambahan yang relevan.
b. Menginput data ke dalam formulir digital (misalnya: KoboToolbox, ODK, Survey CTO) atau manual sesuai kebutuhan riset.
c. Menyusun laporan harian atau mingguan sesuai format yang ditentukan.
d. Melaporkan kendala dan temuan di lapangan kepada koordinator atau manajer proyek secara berkala.
Cara Pendaftaran
Individu/Organisasi yang tertarik silahkan mengirimkan CV/CV Team, Penawaran Harga dan Company Pofile ke alamat email itg@bsimaslahat.or.id dengan subject {Interest_Riset_BSIMaslahat}.
Untuk informasi lebih lanjut atau pertanyaan tentang open submission ini, silakan menghubungi: Limin (Research and Strategic Group) BSI Maslahat dengan kontak Whatsapp +62 856 5618 3991.
Tentang BSI Maslahat:
BSI Maslahat adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang menjadi mitra strategis PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam mengoptimalkan penyaluran dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF). BSI Maslahat memiliki visi untuk menjadi lembaga filantropi Islam terpercaya dan profesional yang berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program yang inovatif dan berkelanjutan.