BSI Maslahat dan BSI Gelar Operasi Katarak Gratis untuk Dhuafa

\"\"

BSI Maslahat dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyelenggarakan operasi katarak gratis untuk dhuafa. Hal ini sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan mata.

 

Kegiatan ini dilakukan di di Bale Asri Pendopo 45, Parung, Kabupaten Bogor, Sabtu (7/1/2023). Dalam acara ini BSI Maslahat bekerjasama dengan klinik utama mata Ainun Cahaya Medika,

 

BSI Care Group Manager BSI Maslahat, Dedi Setiawan menjelaskan kegiatan operasi katarak gratis ini merupakan salah satu dari tiga program kesehatan BSI Maslahat di awal tahun. “Selain operasi katarak gratis, ada beberapa kegiatan yang akan dilakuakan oleh BSI Maslahat diantaraya adalah khitanal massal gratis dan pengobatan penyakit umum gratis,” kata Dedi.

 

Alhamdullilah, dalam acara ini dihadiri ratusan warga kurang mampu atau dhuafa yang mengalami gangguan mata katarak di Jabodetabek. Dengan acara ini diharapkan masyarakat dhuafa yang tidak mempunyai biaya untuk operasi katarak bisa terbantu.

 

Masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, akan melewati beberapa pemeriksaan mulai dari visus awal, kemudian pengecekan mata dengan alat Kerato, TIO, SPM oleh dokter spesialis mata, lalu ke Biometri dilanjut pengecekan gula darah sama tensi untuk menentukan apakah orang ini sudah bisa dioperasi atau tidak dalam waktu dekat. Terakhir registrasi pendataan kembali mana yang bisa dioperasi mana yang tidak di mana calon pasien yang akan dioperasi akan diberikan obat secara gratis.

 

\"\"

 

“Sekaligus untuk mengkondisikan matanya sehingga siap untuk dioperasi sekaligus temu janji untuk bisa operasi di tanggal 4 Februari nanti di klinik Ainun Cahaya medika. Bagi yang tidak lolos screening atau dianggap masih sehat matanya dan tidak perlu operasi itu hanya diberikan obat saja,” jelasnya.

 

Setelah operasi katarak gratis, dalam waktu dekat juga akan dilakukan khitanan gratis massal bekerja sama dengan klinik Kartika. Lalu pengobatan gratis untuk penyakit umum bekerja sama dengan klinik Humaira.

 

Semua dananya dari dana zakat yang dibiayai oleh Bank Syariah Indonesia dan BSI Maslahat untuk warga dhuafa. “Ke depan kita juga ada program 1000 kacamata guru ngaji di seluruh Indonesia, lalu 1000 pemeriksaan gigi gratis di seluruh Indonesia juga,” pungkasnya.

 

 BSI Maslahat adalah sebuah lembaga pengelola ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf) dan dana sosial dari Bank Syariah Indonesia.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign Give 20k. Program campaignnya meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.