Cara Menghitung, Waktu Pembayaran Zakat Fitrah Lengkap Beserta Dalilnya

\"Cara

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan Ramadan. Zakat fitrah berupa makanan pokok yang diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Berdasarkan laman Tirto.ID, zakat fitrah dapat dihitung dengan cara mengalikan jumlah anggota keluarga dengan takaran bahan makanan pokok yang digunakan sebagai zakat fitrah. Berikut ini adalah takaran zakat fitrah yang umum digunakan:

 

Baca juga: Menyucikan Harta, Kunci Keberkahan dengan Zakat dan Infak

 

1.       Beras: 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa

2.       Gandum: 4,85 kg per jiwa

3.       Kurma: 1,6 kg per jiwa

 

Adapun dalil tentang zakat fitrah terdapat dalam sejumlah ayat Al-Quran dan hadist. Berikut ini adalah beberapa ayat Al-Quran dan hadist yang berkaitan dengan zakat fitrah 123:

 

1.       QS. At-Taubah: 103

 

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ  .

 

Artinya: “Dan ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.”

 

2.       QS. Al-Baqarah: 43

 

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ .

 

Artinya: “Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama dengan orang-orang yang ruku.”

 

3.       QS. At-Taubah: 60

 

۞ اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعَامِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغَارِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ .

Artinya:  “Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, para amil zakat, orang-orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) para hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan (yang memerlukan pertolongan), sebagai kewajiban dari Allah.”

 

Baca juga: Perkuat Ekosistem Halal, BSI Gandeng 18 Lembaga Zakat Nasional

Membayar Zakat Fitrah adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu. Dengan memahami dalil-dalil yang mendukung, umat Islam dapat memastikan bahwa zakat ini membantu mereka membersihkan dan mensucikan diri. Semoga dengan pembayaran zakat ini, umat Muslim dapat mencapai keberkahan dan kemurahan hati Allah SWT.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Baca juga: Mengajarkan kepada Anak Pentingnya Zakat, Infaq dan Wakaf

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.