Doa Qunut Subuh Versi Panjang dan Pendek Beserta Artinya

\"Doa

Doa Qunut Subuh adalah doa yang diucapkan oleh umat Islam pada rakaat kedua sholat Subuh, setelah berdiri tegak dan sebelum sujud. Doa ini merupakan permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan perlindungan, bimbingan, dan berkah-Nya kepada kita dan umat Islam lainnya. Doa ini juga dapat berisi pujian, syukur, dan permintaan ampun kepada Allah SWT.

 

Ada dua versi doa Qunut Subuh yang umum digunakan oleh umat Islam, yaitu versi panjang dan versi pendek. Versi panjang adalah doa yang lebih lengkap dan detail, sedangkan versi pendek adalah doa yang lebih ringkas dan mudah dihafal. Kedua versi doa ini memiliki arti yang sama, yaitu memohon kebaikan dari Allah SWT.

 

Doa qunut adalah doa yang dibaca pada rakaat kedua shalat subuh. Doa ini dibaca setelah i\’tidal, yaitu setelah berdiri dari rukuk dan sebelum sujud. Doa qunut dibaca dengan posisi berdiri tegak, dengan kedua tangan diangkat ke depan dada, sejajar dengan bahu.

 

Baca juga:  Tata Cara Sholat Dhuha, Bacaan Doa, serta Keutamaannya

 

Doa qunut memiliki dua versi, yaitu versi panjang dan versi pendek. Doa qunut versi panjang adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim.

 

Berikut adalah bacaan doa qunut versi panjang:

 

اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ

 

Artinya:

 

Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah aku kesehatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan, dan peliharalah aku di antara orang-orang yang telah Engkau pelihara, dan berilah keberkahan kepadaku di dalam apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang Menghukum dan tidak dihukum, sesungguhnya tidak akan hina orang yang Engkau pimpin, dan tidak akan mulia orang yang Engkau memusuhinya, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami, Maha Tinggi Engkau, Maha Besar Engkau, segala puji bagi-Mu atas apa yang Engkau tetapkan, aku memohon ampunan kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu.

 

Doa qunut versi pendek adalah doa yang diajarkan oleh Imam Syafi\’i. Doa ini lebih singkat dan mudah dihafalkan.

 

Baca juga: Bacaan Niat Wudhu Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

 

Berikut adalah bacaan doa qunut subuh versi pendek:

 

اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، وَاَعْصِمْنِيْ مِنْ اَسْوَأِ الْاَعْمَالِ وَالْاَهْوَاءِ وَالْاَدْوَاءِ

 

Artinya:

 

Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah aku kesehatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan, dan peliharalah aku di antara orang-orang yang telah Engkau pelihara, dan berilah keberkahan kepadaku di dalam apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku, dan peliharalah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, dan lindungilah aku dari perbuatan-perbuatan tercela, hawa nafsu, dan penyakit-penyakit.

 

Doa qunut subuh versi pendek ini merupakan doa yang diajarkan oleh Imam Syafi\’i. Doa ini lebih singkat dan mudah dihafalkan.

 

Doa qunut merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Doa ini memiliki banyak manfaat, di antaranya:

 

1.       Memohon ampunan kepada Allah SWT

2.       Meminta petunjuk dan hidayah dari Allah SWT

3.       Meminta pertolongan dari Allah SWT

4.       Meminta perlindungan dari Allah SWT

5.       Meminta keselamatan untuk diri sendiri, keluarga, dan umat Islam

 

Bac a juga: Bacaan Doa Nabi Yunus Beserta 3 Keutamaan dan Manfaatnya

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategi dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada prinsip ekonomi yang berkelanjutan.

 

Sehingga pemanfaatan program yang dijalankan dapat berdampak luas. Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign baru yaitu Give 20k dan platform donasi digital yang bernama goamal.org.