Hari Keamanan Pangan 2023: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Dunia

\"\"

Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 telah tiba. Setiap tahun, pada tanggal 7 Juni 2023, dunia memperingati pentingnya keamanan pangan dalam menciptakan kondisi hidup yang lebih baik bagi seluruh populasi.

 

Tema Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023, \”Food Standards Save Lives\” atau dalam bahasa Indonesia, \”Standar Pangan, Menyelamatkan Kehidupan\”, menyoroti pentingnya standar pangan di seluruh dunia dalam menjaga keamanan konsumen dan menopang perdagangan pangan yang adil. Standar pangan bukan hanya mencakup aspek memastikan pangan yang cukup dan bergizi, tetapi juga kesehatan, lingkungan, dan aspek sosial. Keamanan pangan memainkan peran sentral dalam meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan, dan potensi pembangunan yang berkelanjutan.

 

Dalam semangat tema tersebut, FAO ingin menekankan bahwa keamanan pangan adalah tanggung jawab bersama. Semua pihak, mulai dari pemerintah, bisnis makanan, tempat kerja, hingga individu secara pribadi memiliki peran penting dalam menjaga dan memastikan keamanan pangan.

 

Pemerintah memiliki peran yang vital dalam memastikan sistem pengendalian pangan yang sesuai dengan standar keamanan pangan internasional. Melalui upaya bersama dan pengembangan standar yang tepat, pemerintah berperan dalam melindungi konsumen dan memastikan keamanan pangan yang berkualitas.

 

Bisnis makanan juga memiliki tanggung jawab untuk menetapkan standar keamanan dan kualitas makanan yang tinggi. Mereka harus berkomunikasi secara efektif tentang keamanan pangan kepada staf dan pelanggan, sehingga makanan yang disediakan dapat dipercaya dan aman dikonsumsi.

 

Keamanan pangan di tempat kerja juga menjadi fokus penting dalam memastikan ketersediaan makanan yang aman bagi para pekerja. Dengan menerapkan kebijakan dan standar keamanan yang tepat, serta menyediakan fasilitas yang memadai, lingkungan kerja dapat memastikan pangan yang aman dan sehat bagi semua orang.

 

Pendidikan keamanan pangan kepada generasi muda juga merupakan investasi penting dalam menciptakan kesadaran akan pentingnya keamanan pangan. Melalui pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi, generasi muda dapat mempelajari praktik kebersihan dan memahami pentingnya memilih makanan yang aman bagi kesehatan mereka sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.

 

Selain itu, peran individu sangatlah penting dalam menjaga keamanan pangan. Saat membeli, menyimpan, memasak, dan mengkonsumsi makanan, setiap individu harus memperhatikan langkah-langkah keamanan pangan yang tepat. Dengan mengikuti petunjuk keamanan pangan, kita dapat memastikan makanan tetap aman dan melindungi diri kita sendiri serta orang-orang di sekitar kita.

 

Pada Hari Keamanan Pangan Sedunia, mari kita semua menghargai dan menerapkan standar pangan yang tepat. Setiap individu, pemerintah, bisnis makanan, dan tempat kerja memiliki peran penting dalam menjaga keamanan pangan dan melindungi konsumen. Melalui kerjasama dan kesadaran bersama, kita dapat menciptakan dunia yang lebih baik, di mana makanan yang aman dan berkualitas tersedia bagi semua orang.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

 

BSI dan BSI Maslahat sejak tahun 2018 bekerjasama melaksanakan pertanian ramah lingkungan dan peternakan sebagai upaya mendukung keamanan dan ketahanan pangan nasional.

 

Pada tahun ini juga BSI Maslahat menjalankan program qurban yang menggandeng peternak binaan, untuk memfasilitasi mudohi mendapatkan hewan yg aman, sehat dan sesuai tuntunan. Hal ini jga sebagai upaya mendukung keamanan pangan 2023.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat membantu para mudhohi untuk membeli hewan kurban dengan cara mudah melalui BSI Mobile https://bsim.page.link/pembelian-hewan-kurban , transfer, QRIS, kantor perwakilan BSI Maslahat seluruh Indonesia dan platform digital https://goamal.org/kurban/ .

 

Selain live streaming, para mudhohi juga akan diberikan foto penyembelihan hewan dan sertifikat telah menunaikan kurban di BSI Maslahat.