Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ini 5 Action yang Bisa Dilakukan

\"\"

Setiap tahun, pada tanggal 5 Juni, dunia merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan tindakan terkait isu-isu lingkungan hidup yang semakin mendesak. Di tengah perubahan iklim yang cepat, kehilangan keanekaragaman hayati, polusi udara, dan berbagai tantangan lingkungan lainnya, penting bagi kita untuk menghargai dan memelihara planet yang kita tempati.

 

Dikutip dari laman World Environment Day, peringatan Hari Lingkungan Hidup mengusung tema \”Beat Plastic Pollution\”. Tema tersebut dalam bahasa Indonesia berarti \”mengalahkan polusi plastik\”, tentu tema ini memiliki makna dan harapan yang dalam.

 

Dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, diharapkan menjadi pengingat bahwa tindakan masyarakat terhadap polusi plastik sangat penting. Perlu langkah lebih lanjut oleh pemerintah dan para pelaku bisnis untuk mempercepat aksi dan kembali dalam lingkar ekonomi.

 

Lingkungan hidup adalah rumah bagi kita semua. Keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati yang ada di planet ini memberikan manfaat vital bagi kehidupan kita sehari-hari. Udara yang bersih, air yang aman, dan tanah yang subur adalah elemen penting untuk kelangsungan hidup manusia dan semua makhluk hidup lainnya.

 

Namun, kita tidak boleh melupakan bahwa lingkungan hidup saat ini sedang menghadapi tekanan yang signifikan akibat aktivitas manusia. Polusi industri, deforestasi, limbah plastik, perubahan iklim, dan pola konsumsi yang tidak berkelanjutan semuanya memberikan dampak negatif yang serius pada lingkungan.

 

Oleh karena itu, Hari Lingkungan Hidup Sedunia memainkan peran penting dalam menggalang dukungan dan tindakan kolektif untuk menjaga dan memulihkan lingkungan kita. Ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk merefleksikan perilaku kita sehari-hari dan mengambil langkah-langkah kecil namun signifikan untuk mengurangi dampak negatif kita terhadap planet ini.

 

Ada banyak cara yang dapat dilakukan individu, komunitas, dan pemerintah untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan menjaga alam sekitar kita. Berikut beberapa contoh tindakan yang dapat diambil:

 

1.       Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai

 

Gunakan botol air kemasan ulang, bawa tas belanja sendiri, dan hindari penggunaan sedotan plastik.

 

2.       Menghemat energi

 

Matikan peralatan elektronik yang tidak digunakan, gunakan lampu hemat energi, dan pertimbangkan untuk menggunakan energi terbarukan.

 

3.       Dukung keanekaragaman hayati

 

Tanam pohon, buat taman kota, dan jaga habitat satwa liar di sekitar kita.

 

4.       Mengurangi polusi udara

 

Gunakan transportasi umum, berbagi perjalanan, atau gunakan sepeda ketika memungkinkan.

 

5.       Daur ulang dan mengelola limbah dengan bijak

 

Pisahkan limbah dan daur ulang sebanyak mungkin. Kurangi pemborosan dan pertimbangkan untuk membeli produk yang ramah lingkungan.

 

Selain tindakan individu, pemerintah dan lembaga harus berkomitmen untuk mengadopsi kebijakan lingkungan yang berkelanjutan, melindungi wilayah alam yang rentan, dan mempromosikan teknologi ramah lingkungan. Ini melibatkan pengurangan emisi gas rumah kaca, peningkatan efisiensi energi, dan penggunaan sumber daya yang berkelanjutan.

 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah panggilan untuk bertindak. Dengan berpartisipasi dalam perayaan ini dan menerapkan langkah-langkah nyata untuk menjaga alam sekitar kita, kita semua dapat menjadi bagian dari solusi untuk menjaga planet ini agar tetap layak huni bagi generasi mendatang. Mari rayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap hari dalam tindakan kita, untuk bumi yang lebih baik dan masa depan yang berkelanjutan.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI)
dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial
yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya
dapat berdampak luas. 

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat membantu para mudhohi untuk membeli hewan kurban dengan cara mudah melalui BSI Mobile https://bsim.page.link/pembelian-hewan-kurban , transfer, QRIS, kantor perwakilan BSI Maslahat seluruh Indonesia dan platform digital https://goamal.org/kurban/ .

 

Selain live streaming, para mudhohi juga akan diberikan foto penyembelihan hewan dan sertifikat telah menunaikan kurban di BSI Maslahat.