Hari Santri Nasional 2023: \”Jihad Santri Jayakan Negeri\”

\"Hari

Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober untuk mengenang perjuangan para santri dan ulama dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 2023, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengusung tema \”Jihad Santri Jayakan Negeri\” untuk peringatan Hari Santri Nasional.

 

Tema ini dipilih untuk mengingatkan kembali peran besar santri dalam memajukan bangsa dan negara. Santri tidak hanya dikenal sebagai pejuang agama, tetapi juga sebagai pejuang bangsa. Mereka telah berkontribusi besar dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi.

 

Baca juga: Peringatan Hari Internasional Pengentasan Kemiskinan 2023

 

Dalam konteks ini, tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” ingin mengingatkan peran besar santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia .

 

Jihad santri dalam memajukan bangsa dan negara tidak hanya dilakukan melalui perjuangan fisik, tetapi juga melalui perjuangan intelektual. Santri harus terus belajar dan mengembangkan ilmunya agar dapat bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

 

Di era digital saat ini, santri juga harus mampu memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan kebaikan dan memajukan bangsa. Mereka dapat menjadi pelopor dalam mengembangkan ekonomi digital dan menyebarkan konten-konten positif di media sosial.

 

Baca juga: Peringatan Hari Pangan Sedunia: Air adalah kehidupan, Air adalah makanan, Jangan tinggalkan Siapa Pun

 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh santri untuk meneladani jihad santri dalam memajukan bangsa dan negara:

 

1.         Belajar dengan sungguh-sungguh dan tekun untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

2.         Mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki untuk bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

3.         Berakhlak mulia dan menjadi teladan bagi orang lain.

4.         Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

5.         Berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

 

Mari kita bersama-sama mendoakan agar santri di Indonesia senantiasa menjadi generasi yang berakhlak mulia, berilmu pengetahuan, dan cinta Tanah Air. Semoga para santri dapat terus berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara, sehingga Indonesia menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafur.

 

Baca juga: Hari Anak Perempuan Internasional 2023: Berinvestasi pada Hak-Hak Anak Perempuan

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.