Keberkahan Waktu Sahur Yang Tidak Dapat di Waktu Lain

\"\"

Sahur (bahasa Arab: سحور ), juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain. Secara Etimologi sahur artinya akhir waktu atau dini hari. Dalam istilah Islam, arti kata sahur  merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa.

Makan di waktu sahur untuk niat berpuasa sangat dianjurkan bahkan menjadi keberkahan sendiri bagi yang melakukannya.

Dari hadis Abu Sa\’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, \”Keutamaan sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,\” (HR. Ahmad).

Selain mendapatkan keberkahan, bagi yang melazimkan sahur saat hendak berpuasa ternyata akan mendapatkan keuntungan lain seperti kesehatan dan kekuatan tubuh saat berpuasa.

Riset kesehatan yang diambil dari berbagai sumber menyebutkan jika makan sahur dapat mencegah naiknya asam lambung, serta menjaga lambung dan sistem pencernaan agar tidak terluka.

Sahur juga bisa mencegah sakit kepala yang mungkin muncul selama puasa, mencegah dehidrasi, serta menjaga kekebalan tubuh agar tak jatuh sakit setelah berpuasa.

Sahur juga dapat mencegah hipoglikemia atau kadar gula darah rendah yang mungkin terjadi selama waktu puasa. Hipoglikemia ditandai dengan pusing, lelah, sulit berkonsentrasi dan lain sebagainya. Orang yang mengalami hipoglikemia sangat mungkin untuk jatuh pingsan.

Apakah ada doa khusus untuk makan sahur selain doa niat berpuasa ?

Ada doa khusus yang berasal dari hadits Nabi SAW. Doa tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani, dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib, [Beirut: Darul Kutub Al-Ilmiyyah], cetakan pertama, juz II, halaman 90.

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نِعْمَ السَّحُوْرُ التَّمْر وَقَالَ يَرْحَمُ اللهُ الْمُتَسَحِّرِيْنَ َ

Artinya, \”Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.\” Rasulullah SAW lalu berdoa, \’Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,\’\” (HR At-Thabarani).

Jika disingkat maka Doanya sebagai berikut

‘Yarhamullâhul mutasahhirîn.’

artinya : \’Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur’

Semoga kita semua yang sedang berpuasa Ramadhan saat ini diberikan keberkahan dan pahala berlimpah dari Allah SWT.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai program Ramadan https://bsim.page.link/berbagi meliputi layanan zakat fitrah dan zakat maal, Program Berbagi Berbuka dan Sahur, Berbagi Paket Lebaran, dan Qurma (Quran Maslahat) dan Layanan Fidyah serta amal yang berkelanjutan melalui wakaf Produktif.

Selain itu, BSI Maslahat memiliki platform online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.