Lima Amalan Malam 27 Rajab Yang Tidak Boleh Terlewatkan

\"\"

Rajab artinya mulia. Sehingga bulan Rajab adalah bulan yang dimuliakan sejak pra kedatangan Islam. Pada bulan Rajab terjadi peristiwa yang mulia yaitu Isra’ Mi’raj dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha. Bulan Rajab selain bulan mulia juga dijuluki sebagai Syahrullah (bulannya Allah).

Peristiwa Isra’ Mi’raj terjadi pada 27 Rajab pada tahun 10 kenabian. Pada tanggal tersebut menjadi sangat istimewa bagi umat islam. Peristiwa yang merubah sejarah umat manusia. Rasulullah bertemu dengan Allah di malam isra’ Mi’raj di langit ke tujuh. Ditempat tidak ada makhluk yang sampai kesana kecuali seizin Allah termasuk malaikat Jibril.

Malam Isra’ Mi’raj memiliki banyak keutamaan. Banyak dari kalangan salafus shaleh untuk mendapatkan keberkahannya melipat gandakan amalan kebaikan yang dilakukannya. Tahun ini Isra’ Mi’raj akan jatuh pada tanggal 18 Februari 2023.

Dirangkum dari berbagai sumber amalan yang tidak boleh terlewatkan untuk dilakukan antara lain:

  1. Memperbanyak Shalat

Malam Isra’ mi’raj adalah waktu turunnya perintah shalat yang semula berjumlah 50 rakaat kemudian diringankan menjadi 5 rakaat sehari semalam. Memperbanyak shalat bisa dilakukan dengan berbagi shalat sunnah diantaranya shalat taubat, shalat hajat, shalat tahajud dan lain sebagainya. Memperbanyak melakukan shalat hakikatnya mendekatkan diri kepada Allah dengan berkomunikasi langsung ketika shalat. Apabila hati sudah dekat kepada Allah apapun yang dihajatkan ,Insya Allah, akan dikabulkan mulai dari ketenangan hati sampai dipenuhi segala hajat hidup di dunia dan akhirat.

  1. Bertaubat

Bertaubat menjadi amalan yang dianjurkan pada bulan Rajab. Ada berbagai macam lafadz istighfar (permohonan ampun) yang bisa diucapkan, namun yang dianjurkan dibaca pada bulan Rajab adalah:

Robbigh fir lî warhamnî wa tub \’alayya, innaka antat tawwâbur rohîm.

Artinya: \”Duhai Tuhanku, ampunilah aku, sayangilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang.\”

  1. Memperbanyak Dzikir

Malam Isra’ Mi’roj merupakan malam malam yang mulia, mengisinya dengan berbagai kebaikan tentu sangat dianjurkan. Sebagaimana kisah Rasulullah ketika melaksanakan Mi’raj beliau bertemu dengan bapak para nabi yaitu Nabi  Ibrahim ‘alaihissalam.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam Isra’, pernah melewati Nabi Ibrahim ‘alaihis salam. Nabi Ibrahim ketika itu bertanya pada malaikat Jibril, “Siapa yang bersamamu wahai Jibril?” Ia menjawab, “Muhammad.” Ibrahim pun mengatakan pada Muhammad, “Perintahkanlah pada umatmu untuk membiasakan memperbanyak (bacaan dzikir) yang nantinya akan menjadi tanaman surga, tanahnya begitu subur, juga lahannya begitu luas.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa itu ghirosul jannah (tanaman surga)?” Ia menjawab, “Laa hawla wa laa quwwata illa billah (tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah).” (HR. Ahmad, 5: 418)

  1. Memperbanyak Doa

Para ulama banyak yang berdoa lebih banyak pada malam 27 Rajab, sebagaimana yang dikatakan oleh ustdzah Halimah Alydrus bahwa banyak ulama yang memperbanyak doa di malam Isra’ Mi’raj.

  1. Melakukan Amal Kebaikan Berupa Sedekah

Sedekah memiliki banyak sekali manfaat baik untuk orang yang masih hidup maupun sudah meninggal. Bersedekah di bulan Rajab sangat dianjurkan

Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mukmin di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga Firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya. Karena itu, muliakanlah bulan Rajab, maka Allah akan memuliakanmu dengan seribu kemuliaan. (HR. At-Tirmidzi)

Salah satu cara bersedekah yang bisa dilakukan adalah dengan menunaikan fidyah bagi yang memiliki hutang puasa. Fidyah bisa dibayarkan menggunakan memberi makanan langsung maupun memberikan infaq setara dengan makanan yang biasa dimakan. Menunaikannya bisa melalui lembaga agar penyaluran menjadi lebih merata.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20K dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20K meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.