Mengenal Lebih Dekat dengan Poty, Produk Apel Sultan Dari Malang

\"\"

BSI Maslahat memiliki salah satu program unggulan pemberdayaan ekonomi untuk kalangan mahasiswa yaitu Sociopreneurship. Peserta berasal dari berbagai kampus ternama di Indonesia yang telah memiliki produk unggulan yang beraneka ragam jenisnya seperti, Food n Beverage, Fashion, Creative, Education dan lain sebagainya.

Salah satunya Poty. Digagas oleh mahasiswa  dari Universitas Brawijaya Malang yang bernama Isbakhul Lailatil Fibriyah. Dengan mengambil tagline produknya yaitu \”Pilihan keluarga Indonesia dan Asli lebih baik\”.

Hadirnya Poty sebagai sociopreneur dilatarbelakangi adanya pemutusan hubungan kerja hingga 2,8 juta tenaga kerja. Tepatnya di Gondanglegi. tercatat berdasarkan BPS kota Malang, jumlah pengangguran mencapai 34% dari total penduduk.

Di kondisi lain, Malang sebagai kota apel, memiliki capaian produksi hingga 4000 ton/tahun. Perubahan iklim yang ekstrim menyebabkan penurunan produktivitas petani apel hingga mencapai 12% dibandingkan tahun lalu. Kondisi tersebut menyebabkan petani mengalami kerugian produksi sehingga harga jual apel rendah karena tidak memenuhi standar pasar retail buah segar.

\"\"

Di sisi lain, telah terjadi transisi gaya hidup masyarakat kearah healthy and nature didukung dengan belanja online yang terus meningkat. Hal ini mendukung inovasi kami dalam menghadirkan minuman sari buah alami.

Semangat dan tekad serta berkat dukungan BSI maslahat sociopreneur, kami menginisiasi Poty, sebagai inovasi olahan apel malang dengan konsep minuman sari apel berteknologi terstandarisasi pangan berbasis sociopreneur. Hingga saat ini, inovasi terus kami lakukan sehingga produk Poty juga memiliki best seller produk yaitu sari buah lemon dan apel.

POTY melakukan pembedayaan masyarakat melalui para janda dan pengangguran. POTY resmi berdiri dengan berbadan hukum CV pada tanggal 26 Juli 2021. Berawal dari dapur kecil dan sempit melalui riset formulasi hingga menghabiskan hampir ratusan kilogram apel dan gula pasir.

\"\"

Sari buah asli dalam kemasan praktis dan menyegarkan yang diproduksi menggunakan teknologi terstandarisasi pangan dengan hygiene processing. Produk bersertifikasi Halal dan terjamin keasliannya.

POTY, minuman serbuk instan diolah dari buah apel pilihan. Tidak semua jenis apel bisa diolah menjadi minuman serbuk instan. Jenis apel yang dipergunakan yaitu manalagi. POTY hanya mengambil apel manalagi yang berkualitas untuk diproses menjadi minuman serbuk instan.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign Give20k. Program campaign nya meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.