Peringatan Bulan Perpustakaan Sekolah Internasional 2023

\"Peringatan

Bulan Perpustakaan Sekolah Internasional (ISLM) diperingati setiap tahun pada bulan Oktober untuk memperingati pentingnya perpustakaan sekolah di seluruh dunia.

 

Tema ISLM 2023 adalah \”The School Library: My Happy Place where Creativity and Imagination flourish\” dan didasarkan pada tema Konferensi IASL 2023 \”Flourishing School Libraries: Research, Policy and Practice\” .

 

Baca juga: Peringatan Hari Pangan Sedunia: Air adalah kehidupan, Air adalah makanan, Jangan tinggalkan Siapa Pun

 

Perpustakaan sekolah adalah tempat yang penting bagi siswa untuk belajar, mengeksplorasi, dan mengembangkan kreativitas mereka. Di perpustakaan sekolah, siswa dapat menemukan buku-buku yang menarik dan bermanfaat, serta mengembangkan keterampilan membaca dan menulis mereka.

 

Selain itu, perpustakaan sekolah juga dapat menjadi tempat untuk berinteraksi dengan teman sekelas dan guru, serta mengembangkan minat dan bakat mereka dalam berbagai bidang .

 

Baca juga: Hari Anak Perempuan Internasional 2023: Berinvestasi pada Hak-Hak Anak Perempuan

 

Dalam rangka memperingati ISLM 2023, mari kita lihat beberapa cara di mana perpustakaan sekolah dapat menjadi tempat yang bahagia bagi siswa:

 

1.       Mengadakan kegiatan membaca

 

Kegiatan membaca dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca mereka dan memperluas wawasan mereka tentang dunia. Kegiatan ini dapat meliputi membaca buku bersama-sama, membaca buku secara mandiri, atau bahkan mengadakan pertunjukan buku.

 

2.       Mengadakan kegiatan menulis

 

Kegiatan menulis dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan menulis mereka dan mengembangkan kreativitas mereka. Kegiatan ini dapat meliputi menulis cerita pendek, puisi, atau bahkan skenario film.

 

3.       Mengadakan kegiatan seni

 

Kegiatan seni seperti melukis atau membuat kerajinan tangan dapat membantu siswa mengembangkan kreativitas mereka dan mengekspresikan diri mereka dengan cara yang berbeda.

 

4.       Mengadakan kegiatan diskusi

 

Kegiatan diskusi dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berbicara mereka dan memperluas wawasan mereka tentang dunia. Kegiatan ini dapat meliputi diskusi kelompok tentang buku atau topik tertentu.

 

Dengan mengadakan kegiatan seperti ini di perpustakaan sekolah, siswa dapat merasa lebih terlibat dalam pembelajaran mereka dan merasa lebih bahagia di sekolah. Semoga ISLM 2023 menjadi momen yang bermanfaat bagi semua orang untuk merayakan perpustakaan sekolah di seluruh dunia.

 

Baca juga: Hari Guru Sedunia 2023, Guru yang Kita Butuhkan untuk Pendidikan yang Kita Inginkan

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign baru yaitu Give 20k dan platform donasi digital yang bernama www.goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.