Rabiul Awwal Bulan Berkah, Dakwah, Dan Silaturrahmi

\"Rabiul

Bulan Rabiul Awwal adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Bulan ini merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang menjadikannya salah satu bulan mulia dalam agama Islam. Pada bulan ini, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu, bulan Rabiul Awwal juga menjadi momen yang tepat untuk mempererat silaturrahmi dengan sesama Muslim.

 

Allah berfirman dalam Surat Surat Al-Hujurat (49:13):

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

 

Artinya: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

 

Baca juga: Memperingati Maulid Nabi, NGABRING Hadir di Surabaya

 

Ada beberapa hadis yang menggarisbawahi pentingnya bulan Rabiul Awwal dan peristiwa besar yang terjadi dalam bulan ini. Salah satunya adalah hadis tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang merupakan peristiwa paling penting dalam bulan Rabiul Awwal. Hadis ini mengingatkan kita akan rahmat besar yang diberikan Allah kepada umat manusia dengan kelahiran Rasulullah SAW.

 

Dari Anas bin Malik ra., ia berkata:

 

\”Sesungguhnya Rasulullah SAW dilahirkan pada hari Senin, pada bulan Rabiul Awwal.\” (Sahih Bukhari)

 

Selama bulan Rabiul Awwal, banyak umat Islam yang merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang merupakan peringatan atas kelahiran Nabi kita yang mulia. Ini adalah momen yang digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk mengingat ajaran-ajaran, perjuangan, dan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kecintaan kita kepada beliau dan mengambil pelajaran dari kehidupan beliau sebagai teladan.

 

Baca juga: Tips Isi Liburan Maulid Nabi Muhammad Sesuai Al Quran dan Hadist

 

Rabiul Awwal juga mengingatkan kita akan pentingnya berdakwah dan menyebarkan ajaran Islam. Rasulullah SAW sendiri adalah seorang dai yang sangat berpengaruh dan berhasil menyebarkan ajaran Islam ke seluruh penjuru dunia. Bulan ini adalah pengingat bagi kita semua untuk mengikuti jejak beliau dalam berdakwah dan berupaya menjadi teladan yang baik dalam berinteraksi dengan sesama manusia.

 

Salah satu aspek penting dalam Islam adalah menjaga silaturrahmi dengan keluarga, teman, dan sesama muslim. Bulan Rabiul Awwal adalah waktu yang tepat untuk memperkuat ikatan ini. Kita dapat mengunjungi sanak saudara, menjalin hubungan yang lebih baik dengan tetangga, dan melakukan tindakan-tindakan kebaikan lainnya untuk mempererat silaturrahmi. Ini adalah bagian penting dari praktek keagamaan kita dan membantu memperkuat persatuan umat Islam.

 

Baca juga: Simak Peristiwa Penting Yang Terjadi Bulan Rabiul Awal

 

Bulan Rabiul Awwal adalah bulan yang berkat, dakwah, dan silaturrahmi. Dalam momen-momen ini, kita bisa mendekatkan diri kepada Allah, mengingat ajaran-ajaran Rasulullah SAW, dan memperkuat ikatan kita dengan sesama manusia. Semoga kita semua dapat menjalani bulan ini dengan penuh keimanan dan ketakwaan serta mengambil pelajaran berharga dari ajaran Islam untuk menjadikan diri kita pribadi yang lebih baik dan umat yang lebih kuat.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.