Simak 3 Keutamaan Amalan Yang Dilakukan di Bulan Safar

\"\"

Bulan Safar adalah bulan kedua dalam kalender Hijriah. Meskipun ada beberapa keyakinan dan kepercayaan yang berkembang tentang keutamaan dan kesialan Bulan Safar, penting untuk dicatat bahwa tidak ada dalil yang sahih dari Al-Quran dan Hadis yang mengatakan bahwa bulan Safar adalah bulan yang membawa kesialan atau bencana.

Sebagai seorang Muslim, kita seharusnya bersandar pada ajaran Islam yang sahih dan menjauhi keyakinan yang bersifat takhayul.

Dalam sebuah hadis dari Ibnu Rajab al-Hanbali, diterangkan:

“Tidak ada wabah dan tidak ada keburukan binatang terbang dan tiada kesialan bulan Safar dan larilah (jauhkan diri) daripada penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari seekor singa.” (HR Bukhari)

Baca juga: Yuk Simak 7 Keutamaan Orang yang Rajin BerInfaq

Safar sendiri dalam bahasa Arab berarti “kosong”, makna ini merujuk pada kebiasaan masyarakat Arab dulu yang terbiasa bepergian meninggalkan rumah untuk mengumpulkan makanan ataupun untuk keperluan perang.

Mengutip laman resmi NU, setidaknya ada tiga amal berlipat ganda yang bisa dikerjakan pada bulan Safar, yaitu amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat, amal kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat, dan amal kebaikan yang pahalanya sangat banyak lebih dari 700 kali lipat.

Pertama, Amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat.

Imam an-Nawawi menyampaikan, bahwa atas dasar rahmat Allah setiap kebaikan itu pasti pahalanya dilipatgandakan sampai 10 kali lipat.

Kedua, Amalan apa saja sesuai dengan tingkat keikhlasan, kekhusyukan, kemanfaatan bagi orang lain dan semisalnya.

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, \”Setiap amal manusia dilipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat.\” (HR Imam Muslim).

Ketiga, Amal kebaikan yang pahalanya sangat banyak lebih dari 700 kali lipat hingga tak terhingga yaitu dengan memperbanyak dzikir.

Jika dirangkum, berikut beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Safar dan bulan-bulan lainnya, antara lain:

  1. Memperbanyak ibadah

Melakukan ibadah seperti shalat, membaca Al-Quran, dzikir, berdoa, dan sedekah. Memperbanyak amal kebaikan di bulan Safar sangat dianjurkan.

  1. Memperbanyak istighfar

Dalam bulan Safar dan di setiap waktu, penting untuk beristighfar, yaitu memohon ampunan kepada Allah SWT.

  1. Menjaga hubungan baik dengan sesama

Memperbaiki hubungan dengan keluarga, teman, dan sesama Muslim. Menjaga kerukunan dan kebaikan dalam interaksi dengan orang lain.

Baca juga: Yuk Simak Apa Saja 4 Keutamaan Bulan Dzulqa’dah

Tidak ada doa khusus yang disebutkan dalam hadis atau amalan sunnah yang dianjurkan secara khusus untuk bulan Safar. Bagaimanapun, Anda dapat berdoa kepada Allah SWT dengan doa umum yang biasa dilakukan di setiap waktu untuk memohon keselamatan, keberkahan, dan ampunan. Selalu penting untuk mengarahkan doa kita dengan penuh keyakinan dan tawakkal kepada Allah SWT.

Namun ada doa berdasarkan hadits   hadits riwayat Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah yang bisa diamalkan di bulan Safar yaitu  

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya tidak akan ada sesuatu di bumi dan di langit yang sanggup mendatangkan mudarat. Dialah Maha-mendengar lagi Maha Mengetahui.

Namun, yang terbaik dilakukan pada bulan Safar adalah fokus pada amalan-amalan yang dianjurkan secara umum dalam Islam dan menjauhi keyakinan yang tidak memiliki dasar yang jelas dalam ajaran agama.

Baca juga: Puasa Syawal: Niat, Bacaan Tata Cara, dan Keutamaannya

Menjaga hubungan baik bisa dilakukan dengan akhlak yang baik salah satu contoh yang sangat dekat dengan kehidupan adalah membantu orang yang sedang kesulitan melalui zakat. Infak, sedekah dan wakaf dari harta yang Allah titipkan.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.  

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan beramal maksimal melalui goamal.org (konfirmasi donasi melalui call center 081386819483). Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. 

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan.