Strategi Membuat Konten Kreatif Agar Viral ala Kartini Astuti

\"\"

Saat ini, arus informasi semakin tidak terbendung dan dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Hanya dengan mengakses informasi di ponsel kita, maka kita dapat dengan cepat informasi tersebut.

Namun, ditengah kemudahan mengakses informasi tersebut, semakin kita harus memiliki kehati-hatian dan kontrol terhadap informasi yang masuk. Jika tidak, maka informasi yang berdampak negatif akan mudah masuk dan mungkin bisa mempengaruhi isi kepala kita.

Informasi yang berdampak negatif yaitu misalnya konten yang menampilkan sesuatu yang tidak pantas,  berita hoax atau bohong dan informasi yang dapat merusak pikiran, mental, dan pola pikir generasi muda.

Sebagai generasi muda, kita dituntut juga untuk dapat berpartisipasi dalam perkembangan informasi sekarang ini misalkan dengan membuat konten-konten yang positif yang bernilai baik dan bermanfaat.

Dalam acara Ngopi ( Ngobrol Pelajar Inspiratif ) Kak Kartini F. Astuti memberikan beberapa tips seputar bagaimana menebar kebaikan di dunia maya dengan strategi yang jitu agar kebaikan tersebut dapat menjadi viral dan bermanfaat.

Menurut Kak Kartini, konten kebaikan itu banyak macamnya. Kita dapat membuat berbagai format konten agar dapat diterima dengan baik oleh semua orang dengan menarik. Format konten yang sering digunakan untuk menebar kebaikan misalnya sosial eksperimen, open donations, social campagne, giveaway dengan challenge melakukan hal-hal baik di tengah masyarakat dan lain sebagainya.

Semua format konten di atas bisa kita lakukan dengan baik asal memiliki kreatifitas yang juga baik dan orisinil. Untuk  menghasilkan konten yang kreatif hendak setiap individu memiliki hal-hal berikut ini yaitu, memiliki rasa ingin tahu yang besar, menciptakan beragam gagasan untuk memecahkan suatu masalah, sering mengemukakan tanggapan yang unik dan pintar, berani mengambil risiko, senang mencoba hal-hal baru dan peka terhadap keindahan dan estetika.

Yang terpenting dari menebar kebaikan atau memviralkan kebaikan, harus memiliki niat yang baik, misalnya sebagai ungkapan rasa syukur, ingin memberikan inspirasi kebaikan, ingin mengajak bukan menyuruh dan ingin menjadi salah satu pribadi yang mendukung kebaikan Bersama.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign Give20k. Program campaignnya meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan BSI Maslahat telah memberikan bantuan berupa sponsorship kepada siswa MTSN 2 Blitar. Bantuan diberikan dalam rangka mengikuti ajang kontes Robotic Internasional di Kuala Lumpur Malaysia pada tanggal 28 November hingga 3 Desember 2022 dalam kegiatan World Robotic for Peace.

Dalam ajang kontes tersebut, Tim Robotik MTsN 2 Blitar berhasil meraih Juara 1 Sumo kategori best point dan juara 2 Soccer kategori best strategy.

Bantuan diserahkan oleh Brand Manager Bank Syariah Indonesia Cabang Blitar Bapak Gunawan kepada para siswa yang ikut dalam ajang kontes robotic International.

Kekurangan ekonomi yang dialami oleh perwakilan MTSN 2 Blitar tersebut tidak menghambat semangat dan kegigihan dalam mengejar prestasi hingga tingkat internasional.

Di kejuaraan World Robotic for Peace di Malaysia ini Tim Robotik MTsN 2 Blitar menerjunkan 2 tim masing-masing Tim Robotik Sumo dan Tim Robotik Soccer. Tim Robotik Sumo beranggotakan empat siswa masing-masing Ahmad Zidanu Arif Mahiru (7 C), M Triananda (9 C), M Haris Farhan (9 C) dan M Daffa Albir Illahi (9 E). Sedangkan Tim Robotik Soccer beranggotakan Keisya Aqila Fauzi (7 C), Rizky Akbar Wicaksono (9 E) dan Ilham Maulana Nur Hakim (7 C), yang mereka tersebut merupakan penerima beasiswa dari BSI Maslahat dalam program Beasiswa Sahabat Pelajar Indonesia (Secara Insidentil).

“Alhamdulillah, kami berhasil mendapatkan dua kategori juara di Malaysia. Bertanding mewakili Indonesia di Malaysia dan menjadi juara 1 Sumo dan juara 2 Soccer,” kata Kepala MTsN 2 Blitar, Sihabbudin.

Dalam kesempatan berbeda, Zaini Syam mengatakan sangat bangga terhadap prestasi yang telah diraih oleh siswa MTSN 2 Blitar.

“Semoga beasiswa Sahabat Pelajar Indonesia BSI Maslahat yang diberikan menambah semangat untuk terus belajar’, ujar Zaini.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari Bank Syariah Indonesia dalam melakukan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang mengacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign Go Happy. Program campaignnya meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. Donasi bisa dilakukan melalui https://www.bsimaslahat.org/gohappy/