Tata Cara Melaksanakan Tarawih Selama Bulan Ramadan

\"\"

Qiyamul Lail adalah ibadah sunnah yang dianjurkan dilakukan pada malam hari, terutama selama bulan Ramadan. Qiyamul Lail adalah bentuk ibadah ekstra yang bisa dilakukan setelah sholat tarawih, dan dapat memberikan banyak keutamaan dan keberkahan bagi umat Muslim.

Ibadah Qiyamul lail yang dimaksud di antaranya sholat malam seperti sholat tarawih, witir, tahajud, lalu membaca Alquran, dzikir, istighfar dan ibadah malam lainnya.

Secara bahasa arti dari qiyamul lail berasal dari kata qiyam atau berasal dari akar kata qama yang berarti berdiri untuk shalat, sementara lail atau al-lail bermakna waktu malam. Sehingga qiyamul lail dapat diartikan dengan “menghidupkan malam”.

Keutamaan melaksanakan qiyamul lail saat Ramadan sebagai sarana yang tepat untuk meraih lailatul qadr Sarana Meraih Lailatul Qadar. Sebab sebaik-baik malam di bulan ramadhan adalah malam lailatul qadar.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang menunaikan shalat pada Lailatul Qadar (kemudian dia ditakdirkan dapat menemuinya) dengan iman dan harap akan pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Muttafaqun alaihi)

Sudahkah sahabat maslahat sekalian tahu tata cara melaksanakan qiyamul lail untuk mengejar amalan utama di Ramadan ini?

Tata Cara Melaksanakan Qiyamul Lail Bulan Ramadan

Berdasarkan HR. Al-Bukhari dan Muslim dari \’Aisyah melaksanakan ibadah qiyamul lail dapat dilakukan pada waktu setelah sholat isya sampai sebelum waktu subuh. Tetapi yang paling baik adalah pada sepertiga akhir malam (HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Jabir).

Shalat qiyamul lail dapat dilakukan secara berjamaah maupun munfarid seorang diri di rumah. Sahabat maslahat dapat menunaikannya baik sebelum tidur maupun nanti setelah terbangun dari tidur. Qiyamul lail yang dilakukan sebelum tidur di bulan ramadhan disebut dengan sholat tarawih.  Hukum berjamaah shalat tarawih adalah sunnah kifayah, jadi shalat tarawih bisa dilakukan juga sendiri.

Jumlah rakaat shalat tarawih berjumlah 20 rakaat maupun 8 rakaat. Kemudian, ditambah shalat witir diakhirnya 3 rakaat.

“Barang siapa melakukan shalat (Tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih). 

Berikut tata cara menunaikan shalat tarawih:

  1. Membaca niat shalat tarawih: 

    Ushallî sunnatat tarâwîhi rak’ataini mustaqbilal qiblati ma’mûman (imaman) lillâhi ta’âlâ

  1. Rakaat Pertama Takbiratul Ihram (niat dalam hati pada saat ini)
  2. Membaca ta’awudz dan surat Al-Fatihah
  3. Membaca satu surat pendek
  4. Rukuk dengan thuma’ninah
  5. Itidal dengan thuma’ninah
  6. Sujud pertama dengan thuma’ninah
  7. Duduk diantara dua sujud
  8. Sujud kedua dengan thuma’ninah
  9. Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua.
  10. Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama.
  11.  Diakhiri salam pada rakaat kedua.

Begitupun pada rakaat selanjutnya, shalat tarawih dilakukan 8 rakaat dengan 4 salam atau 20 rakaat 10 salam, kemudian dilanjutkan 3 rakaat sholat witir. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca Istighfar dan dianjurkan membaca doa kamilin setelah selesai sholat tarawih

Doa Kamilin Setelah Shalat Tarawih

Berikut lafal doa kamilin yang dibaca sesudah shalat tarawih, lengkap dengan tulisan arab, latin, dan artinya:

\"\"

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam”.

Doa Setelah Sholat Witir

\"\"

Artinya: \”Wahai Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu\’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus.\”

\”Kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.\”

\”Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyukan kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami.\”

\”Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.\”

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai program Ramadan https://bsim.page.link/berbagi meliputi layanan zakat fitrah dan zakat maal, Program Berbagi Berbuka dan Sahur, Berbagi Paket Lebaran, dan Qurma (Quran Maslahat) dan Layanan Fidyah serta amal yang berkelanjutan melalui wakaf Produktif.

Selain itu, BSI Maslahat memiliki platform online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja