Zakat Penghasilan: Cara Berhitung dan Bayar yang Benar

\"Zakat

Zakat penghasilan adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam yang telah balig, berpenghasilan tetap, dan jumlah penghasilannya telah memenuhi nisab (batas).

 

Zakat penghasilan bisa dibayarkan per bulan atau per tahun. Menurut Peraturan Menteri Agama Nomor 17/08/BR/VII/2017, yang wajib mengeluarkan zakat penghasilan adalah mereka yang berpenghasilan Rp 5.240.000 per bulan. Jumlah zakat yang harus dikeluarkan adalah 2,5 persen dari penghasilan per bulan .

 

Baca juga: Dapat Bonus? Begini Cara Membayar Zakat Penghasilan 2,5 Persen Beserta Ketentuannya

 

Berikut adalah cara menghitung zakat penghasilan:

 

1.       Hitung jumlah penghasilan dalam 1 bulan.

2.       Kalikan jumlah penghasilan dengan 2,5%.

3.       Jika gaji sebesar Rp10.000.000 per bulan, maka zakat penghasilannya sebesar Rp250.000 per bulan (Rp10.000.000 x 2,5%). Jika dibayar untuk satu tahun, jumlahnya menjadi Rp3.000.000 (Rp250.000 x 12 bulan) .

 

Zakat penghasilan bisa dibayarkan melalui beberapa cara, seperti melalui bank syariah atau lembaga zakat resmi salah satunya platform digital GoAmal oleh BSI Maslahat.

 

Baca juga: Nishab dan Zakat Hewan Ternak yang Wajib di Tunaikan

 

Zakat penghasilan adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam yang memenuhi syarat. Dengan menunaikan zakat penghasilan, kita telah menjalankan perintah Allah SWT dan membantu sesama.

 

Dengan menghitung zakat dengan benar dan membayarnya kepada yang berhak, umat Islam dapat memenuhi salah satu rukun Islam dengan baik. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara berhitung dan membayar zakat penghasilan yang benar sesuai dengan ajaran Islam.

 

Baca juga: Dukung Ekonomi Berkelanjutan, BSI Salurkan Zakat Rp141 miliar selama 2022

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.