Bacaan Doa Nabi Yunus Beserta 3 Keutamaan dan Manfaatnya

\"\"

Sebagai seorang muslim doa merupakan salah satu senjatanya dalam kondisi dan situasi apapun. Doa Nabi Yunus adalah salah satu doa yang memiliki kedudukan tinggi yang dianjurkan dalam segala kondisi untuk memohon ketenangan hati, terutama saat merasa gelisah dan ketakutan.

Kisah Nabi Yunus yang ditelan ikan paus selama 40 hari bisa dijadikan sebagai pelajaran yang berharga bagi kita semua.Mengingat, perut ikan paus yang menelan Nabi Yunus tersebut sangat gelap dan sesak, sehingga beliau merasa kesulitan bernapas. Ketika berada dalam perut ikan, Nabi Yunus senantiasa membaca doa untuk lepas dari permasalahan yang sedang dihadapinya tersebut. Sebab, berdoa dan memohon ampunan adalah satu-satunya perbuatan yang bisa dilakukan oleh Nabi Yunus pada saat itu.

Kisah Nabi Yunus ini bahkan diabadikan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya ayat 87. Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Baca juga: Bacaan Sholawat Jibril, Arab dan Terjemahan Lengkap dengan Manfaatnya

Bacaan Doa Nabi Yunus AS

Adapun bacaan doa Nabi Yunus yang dapat diamalkan agar terbebas dari perasaan khawatir yakni sebagai berikut:

                                                        لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Artinya: “Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.” (QS Al-Anbiya’ 87).

Baca Juga: Cara dan Adab, Agar Doa Cepat terkabul Hajatnya 

Beberapa Keistimewaan Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus AS memiliki sejumlah keistimewaan sehingga dianjurkan untuk diamalkan.
Berikut beberapa keistimewaan Doa Nabi Yunus:

  1. Doa yang Dibaca Rasulullah SAW Saat Bersedih

Doa Nabi Yunus yang memuji keagungan Allah SWT ini memiliki keistimewaan. Dalam keterangan yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari dari Ibnu Abas RA, bahwasanya Rasulullah SAW juga melantunkan kalimat doa Nabi Yunus ini saat bersedih.

Doa tersebut dinamakan doa Al Kurb yang artinya doa kesedihan atau kesusahan. Hal ini berdasarkan penjelasan Imam Thabrani: \”Para ulama salafus shalih biasa mengamalkan doa ini dan mereka menamakannya doa \”Al Kurb\” artinya doa kesedihan atau kesusahan.\”

  1. Dikabulkan Hajat

Keistimewaan lainnya dari Doa Nabi Yunus jika diamalkan yakni dikabulkan hajat oleh Allah SWT.

Berkata Ibnu Uyainah, \”Aku ditanya tentang doa ini (doa Al Kurb), maka aku jawab, \”Apabila engkau amalkan, maka sesungguhnya Allah SWT berfirman, \’Bila hamba-Ku menyibukkan dirinya memuji Allah dengan permohonannya (doanya), maka Aku akan memberinya lebih dari apa yang ia minta.\”

Demi zat yang dapat memutuskan nyawa, sesungguhnya kalimat ini disebut doa meskipun di dalamnya tidak mengandung sesuatu yang bersifat doa (permintaan ). Dan pastinya hal itu karena di dalamnya ada ketakziman kepada Allah SWT dan memuji kepada-Nya.\”

3. Menghilangkan Kesedihan hingga Kesusahan


Dalam kitabnya Al Fawaakihud Dawaani, Syekh Salim An Nafarowi menerangkan bahwa siapa yang membaca doa Nabi Yunus AS maka ia aman dari kesulitan atau kesusahan hidupnya.

Kemudian dijelaskan pula bahwa barang siapa yang dalam keadaan bingung, susah, bersedih hati atau stres, maka bacalah:

                                                               اللَّهُ رَبَيْ لَا شَرِيكَ لَهُ كَشَفَ اللَّهُ ذَلِكَ عَنْهُ

Bacaan latin: Allaahu rabbii laa syariika lah, kasyafallaahu dzaalika \’anhu

Artinya: \”Allah Tuhanku, tidak ada sekutu bagi-Nya, Dialah yang dapat melenyapkan segala kesedihan.\”

Dengan membaca doa Nabi Yunus dan doa di atas beberapa kali serta memohon kepada Allah menghilangkan rasa bingung, susah, sedih atau stres yang tengah melanda

BSI Maslahat merupakan mitra strategi dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada prinsip ekonomi yang berkelanjutan.

Sehingga pemanfaatan program yang dijalankan dapat berdampak luas. Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign baru yaitu Give 20k dan platform donasi digital yang bernama goamal.org.