Bacaan Sholawat Busyro Lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

\"Bacaan

Sholawat adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sholawat adalah doa yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai penghormatan dan pengakuan atas kedudukan beliau sebagai utusan Allah SWT. Dengan membaca sholawat, kita dapat mendapatkan banyak keutamaan, seperti mendapat syafaat, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT.

 

Salah satu sholawat yang populer di kalangan umat Islam adalah sholawat busyro. Sholawat ini memiliki nama lengkap sholawat busyro lana nilnal muna, yang artinya kabar gembira bagi kami, kami telah mendapatkan keinginan. Sholawat ini disebut-sebut memiliki khasiat yang luar biasa, seperti melancarkan rezeki, menghilangkan kesulitan, dan mengabulkan hajat.

 

Sholawat busyro dikatakan diijazahkan langsung oleh Rasulullah SAW kepada salah satu putra Habib Hasan Baharun, yaitu Habib Segaf bin Hasan Baharun, melalui mimpi. Dalam mimpi tersebut, Rasulullah SAW membacakan sholawat busyro kepada Habib Segaf dan menyuruhnya untuk menyebarkannya kepada umat Islam. Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa sholawat ini dianjurkan untuk dibaca sebanyak 41 kali setiap selesai shalat subuh.

 

Baca juga: Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

 

Berikut adalah bacaan sholawat busyro lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya:

 

اَللّهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ اْلبُشْرَى صَلاَةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَجَمِيْعِ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَا مِنْ يَوْمِ هَذَا اِلى يَوْمِ اْلآخِرَةِ

 

Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammadin shahibil busyro shalatan tubasysyiruna biha Wa ahlana wa auladana wa jami’I masyayikhina wa mu’allimina wa thalabatana wa thalibatina Min yaumina hadza ila yaumil akhirah.

 

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan keselamatan atas baginda kami, Nabi Muhammad sebagai pembawa kabar gembira dengan berkah shalawat yang (juga) dapat memberikan kebahagiaan kepada kami, keluarga kami, anak-anak kami dan seluruh guru-guru kami dan orang yang senantiasa mengajarkan ilmunya kepada kami. Juga kepada murid-murid kami sejak hari ini hingga hari kiamat kelak.

 

Dalil Al-Quran dan Hadist tentang Sholawat

 

Anjuran untuk membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW telah disebutkan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 56, yang berbunyi:

 

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Innallāha wa malā`ikatahụ yuá¹£allụna \’alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ á¹£allụ \’alaihi wa sallimụ taslÄ«mā

 

Artinya:

 

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

 

Baca juga: Bacaan Sholawat Jibril, Arab dan Terjemahan Lengkap dengan Manfaatnya

 

Dari ayat ini, kita dapat mengetahui bahwa Allah SWT dan para malaikat-Nya senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, kita sebagai umatnya juga wajib untuk mengikuti perintah Allah SWT dan mengucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Selain itu, ada juga beberapa hadist yang menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat dari membaca sholawat, di antaranya adalah:

 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

 

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Man á¹£allā \’alayya á¹£alātan wāḥidatan, á¹£allallāhu \’alaihi \’asyran

 

Artinya:

Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali. (HR. Muslim)

 

Dari hadist di atas, kita dapat mengetahui bahwa membaca sholawat memiliki banyak keutamaan, seperti mendapatkan shalawat dari Allah SWT, mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk cinta dan penghormatan kita kepada beliau.

 

Baca juga: Bacaan Sholawat Munjiyat, Arti dan 5 Keutamaannya

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.