Hari Jantung Sedunia 2023: \”Use Heart, Know Heart\”

\"Hari

Hari Jantung Sedunia diperingati setiap tanggal 29 September di seluruh dunia. Tema global yang diusung pada peringatan Hari Jantung Sedunia 2023 adalah “Use Heart, Know Heart” atau “Gunakan Hati, Kenali Hati”.

 

Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung dan melakukan pencegahan serta pengendalian penyakit jantung yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

 

Baca juga: Hari Tani Nasional 2023, Apresiasi Petani untuk Ketahanan Pangan Indonesia

 

Tema ini memiliki makna mendalam yang mengajak setiap individu untuk membuka hati mereka terhadap pentingnya menjaga kesehatan jantung. Menjaga jantung berarti memberikan perhatian dan kepedulian pada tubuh dan pikiran kita. Dan untuk melakukannya dengan benar, kita harus memahami bagaimana jantung bekerja dan apa yang dibutuhkannya.

 

Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, tema nasional Hari Jantung Sedunia 2023 adalah “Kenali jantung sehatmu, sayangi jantungmu”. Tema ini menekankan pada pentingnya mengenali jantung diri sendiri terlebih dahulu sebagai proses krusial dalam menjaga kesehatan jantung.

 

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Oleh karena itu, peringatan Hari Jantung Sedunia menjadi sebuah seruan pengingat kepada semua orang di seluruh dunia untuk menjaga kesehatan jantung mereka. Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan cara mengadopsi perilaku CERDIK bagi yang sehat dan PATUH bagi penyandang penyakit jantung.

 

Baca juga: Hari Bebas Kendaraan Bermotor 2023 Ajakan untuk Beralih ke Transportasi Ramah Lingkungan

 

Perilaku CERDIK meliputi: Cuci tangan, Elakkan kerumunan, Rajin berolahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kenali gejala. Sedangkan perilaku PATUH meliputi: Pola makan sehat, Aktivitas fisik teratur, Teratur minum obat sesuai anjuran dokter, Usahakan tidak merokok, Hindari stres berlebihan.

 

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia 2023, mari kita tingkatkan kesadaran kita tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung dan melakukan pencegahan serta pengendalian penyakit jantung yang dimulai dari diri sendiri. Mari kita gunakan hati dan kenali hati kita sendiri terlebih dahulu agar kita dapat menjaga kesehatan jantung kita dengan lebih baik.

 

Baca juga: Hari Batik Nasional 2023: Batik Bangkit dari Pandemi

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.