Keistemewaan Bulan Muharram dan Doa Bulan Puasa Muharram

\"Keistemewaan

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriah, kalender Islam. Bulan ini memiliki makna yang penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain menjadi awal tahun dalam kalender Hijriah,   Bulan Muharram juga memiliki keutamaan dan  keistimewaan dalam Islam. Beberapa keutamaan Bulan Muharram antara lain:

        1.        Peristiwa Hijrah

 

Bulan Muharram menjadi momen yang mengingatkan kita akan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Peristiwa ini menandai awal dari perkembangan Islam sebagai agama yang semakin berkembang dan diterima oleh banyak orang.

 

        2.        Hari Asyura

 

Hari ke-10 Muharram, yang dikenal sebagai Hari Ashura, memiliki keutamaan yang besar. Dalam sejarah Islam, Hari Asyura merupakan hari di mana Nabi Musa AS dan umatnya diselamatkan dari Fir\’aun. Rasulullah SAW juga berpuasa pada hari ini sebagai tanda syukur atas penyelamatan umatnya. Sunnah Rasulullah SAW, untuk berpuasa pada hari Asyura dan mengajak umat muslim lainnya untuk berpuasa juga.

 

        3.        Pengampunan Dosa

 

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW menyatakan bahwa puasa pada bulan Muharram dapat menghapus dosa-dosa yang dilakukan selama setahun sebelumnya. Meskipun demikian, keutamaan ini bukanlah pengganti dari taubah dan upaya terus menerus untuk memperbaiki diri.

 

        4.        Peluang Beribadah

 

Bulan Muharram memberikan kesempatan kepada umat Muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui puasa, shalat, tilawah Al-Quran, bersedekah, dan amalan-amalan kebaikan lainnya, umat muslim dapat memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT.

 

Rasulullah SAW menyebut dalam haditsnya, sebaik-baik puasa yang dikerjakan selain bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Untuk itu, alangkah baiknya bila muslim dapat memperbanyak amalan dan membaca niat puasa di bulan Muharram.

 

أَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْد َ الْ فَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

 

Artinya: Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam. (HR Muslim).

 

Ada beragam pilihan puasa sunnah yang bisa diamalkan pada bulan Muharram. Puasa sunnah yang dimaksud adalah puasa Tasu\’a, Asyura, Ayyamul Bidh, dan Senin-Kamis.

 

Doa Buka Puasa di Bulan Muharram Dan Artinya Yang Benar

 

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

 

Bacaan latin: Dzahabaz zhama\’u wabtallatil \’uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

 

Artinya: “Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah,” (HR Abu Daud).

 

Puasa di bulan Muharram di atas termasuk dalam amalan puasa sunnah. Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza\’iri dalam Kitab Minhajul Muslim mengatakan, niat puasa ini boleh diamalkan pada pagi atau siang hari setelah waktu fajar selama belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

 

Dengan kata lain, niat puasa di bulan Muharram tidak harus dibaca pada malam hari sebelum hari puasa sebagaimana puasa wajib Ramadhan.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategi dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada keikutsertaan. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.  

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. 

 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan.