Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua dan Pahalanya

\"\"

Hari ibu memang sudah berlalu tetapi membahagiakan ibu harus terus dilakukan. Sudah banyak contoh didunia salah satu perantara menuju sukses adalah dengan membahagiakan ibu. Seperti yang baru-baru ini viral kisah seorang anak tetap merawat seorang ibu walaupun diperlakukan tidak baik dan hal itu mengantarkannya dikenal baik oleh banyak orang.

 

Islam sangat menganjurkan umatnya mematuhi perintah ibu dari pada yang lainnya. Hal ini dapat dilihat ketika seorang sahabat ingin turut serta dalam sebuah peperangan tetapi rasulullah terlebih dahulu bertanya apakah dia punya ibu/orangtua yang membutuhkan pertolongan. Karena membantu ibu kedudukannya lebih utama daripada berjihad. Walaupun saat itu rasulullah sangat membutuhkan banyak pasukan untuk melawan musuh.

 

Berbakti kepada kedua orang tua merupakan sebuah kewajiban bagi seorang anak. Kewajiban berbakti dan berbuat baik senantiasa disebut oleh Allah SWT setelah perintah tidak menyekutukan Allah. Hal ini menunjukkan kedudukan yang sangat penting dalam hal berbuat baik kepada kedua orangtua.

 

Birull walidain berasal dari kata al-birrul dan kata al-walidain, yang mana kata birru yang berarti berbuat baik, kebaikan, berbakti. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kebaikan atau baik artinya adalah sifat manusia yang dianggap baik menurut sistem norma dan pandangan umum yang berlaku atau yang mendatangkan keselamatan, keberuntungan sesama manusia (Bahasa, 1989). 

 

Sedangkan al-walidain yang merupakan bentuk tastniah dari kata al-walidu yang berarti kedua orang tua yaitu ayah dan ibu (Munawir, 1987). Dengan demikian istilah birrul walidain dapat diartikan sebagai berbuat baiknya seorang anak kepada kedua orang tuanya yang telah melahirkan, merawat dan menjaganya.

 

Berbakti kepada kedua orangtua merupakan akhlak yang sangat melekat diantara para nabi, para sahabat dan orang-orang yang shaleh baik terdahulu maupun yang kemudian. Akhlak inipun tidak hanya ada dalam islam melainkan juga oleh agama di luar Islam.

 

Beberapa keutamaan yang akan diperoleh dengan birrul walidain, yaitu:

 

Hadits dari Anas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

\”Siapa yang berbakti kepada orang tuanya, dia akan mendapat keberuntungan dan Allah SWT akan menambah panjang umurnya.\” (HR Bukhari, Abu Yala, Thabrani, dan Hakim).

Salman al-Farisi juga meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda, Qadha Allah tidak akan diubah kecuali dengan doa dan umur tidak akan bertambah kecuali dengan berbakti kepada orang tua\” (HR Tirmidzi).

 

Hadits dari Anas bahwa Rasulullah saw bersabda:

\”Siapun yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya, maka hendaknya dia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturahim. (HR Ahmad dan al-Baihaqi).

 

Hadits yang diriwayatkan dari Imam At-Tirmidzi

Artinya: Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiyallahu anhuma, Rasulullah SAW bersabda: “Ridha Allah SWT tergantung kepada keridhaan orang tua, dan murka Allah SWT tergantung pada murka orang tua.” (HR. At-Tirmidzi)114.

 

Hadis yang diriwayatkan dari Imam Al-Hakim

Artinya: Dari Sahal bin Muadz, dari ayahnya RA sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang berbakti kepada kedua orang tuanya, sesungguhnya ia sangat beruntung dan Allah akan menambahkan (memanjangkan) umurnya.” (HR. Al-Hakim)

 

Hadis yang diriwayatkan dari Imam Al-Hakim

Artinya: Dari Abi Bakrah RA berkata, saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Setiap dosa akan diakhirkan (ditunda) balasannya oleh Allah SWT hingga hari kiamat, kecuali durhaka kepada kedua orang tua, sesungguhnya Allah akan menyegerakan di dunia sebelum kematian menjemput.” (HR. Al Hakim)123

 

Menjadi pribadi yang baik salah satunya dengan menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf dapat membawa kebahagiaan tidak hanya untuk pribadi tetapi juga orangtua.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari Bank Syariah Indonesia dalam melakukan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang mengacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.  Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign Give 20. Program campaignnya meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.