Puasa Syawal: Niat, Bacaan Tata Cara, dan Keutamaannya

\"\"

Puasa Syawal adalah puasa yang dilakukan setelah selesai puasa Ramadan tepatnya di bulan Syawal. Bulan syawal disebut juga dengan bulan peningkatan hal ini karena arti syawal menurut bahasa artinya naik.

Pada bulan Syawal ada amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Sebagaimana hadits Rasulullah saw, yang berbunyi

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ، – رضى الله عنه – أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ \”‏ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ ‏\”

Artinya: Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, \”Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus menerus.\” (HR Muslim).

Umat islam yang telah bertambah ketakwaannya tentu ingin untuk dapat menunaikan puasa Syawal.

Idelanya puasa Syawal dilakukan pada tanggal 2 sampai 7 Syawal, akan tetapi jika melakukan di luar tanggal tersebut dan tidak secara berurutan maka akan tetap mendapatkan keutamaan puasa Syawal.

Niat adalah rukun dari ibadah puasa dan ibadah lainnya, sebagaimana hadits qudsi Rasulullah bersabda segala sesuatu tergantung dari niatnya.

Ulama memiliki perbedaan pendapat tentang perlu atau tidaknya dalam mengucapkan niat dalam menjalankan puasa. Walaupun demikian menjadi kebaikan apabila mengetahuinya.

 

Lalu, apa niat yang dibaca ketika hendak melaksanakan puasa Syawal?

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Berbeda dengan puasa wajib, puasa sunnah- Syawal dapat dilakukan secara mendadak dipagi hari ketika ingin berpuasa. Bahkan niat bisa dilakukan pada siang hari selagi masih belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak pagi hari.

Adapun lafadz niatnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah SWT.”

Sempurnakan amalan puasa Syawal dengan bersedekah karena tidak akan pernah merugi orang yang senantiasa suka bersedekah.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui Goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yan ingin didonasikan.