Simak Ketentuan Penyembelihan Kurban yang Benar Menurut Syariat

\"\"

Penyembelihan kurban merupakan salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat Muslim pada hari raya Idul Adha. Kurban memiliki makna yang mendalam, yakni mengorbankan sesuatu yang bernilai sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

 

Namun, dalam melaksanakan ibadah kurban, terdapat ketentuan-ketentuan penting yang harus dipatuhi sesuai dengan ajaran syariat. 

 

Ketentuan penyembelihan kurban yang benar

 

– Kurban dilakukan saat Iduladha dan hari tasyrik setelahnya. Kegiatan kurban dilaksanakan mulai pagi hari tanggal 10 sampai terbenamnya matahari tanggal 13 Dzulhijjah.

 

– Penyembelih beragama islam, baligh dan mampu menyembelih, membaca bismillah dan berniat atas nama orang yang berkurban.

 

– Alat penyembelihan, harus tajam, alat tersebut bisa berbahan besi, bambu, kaca ataupun yang lainnya, Tidak diperkenankan berbahan tulang, kuku,atau pun gigi.

 

– Tujuan penyembelihan untuk tujuan yang diridhai Allah SWT bukan untuk tujuan tumbal atau untuk sajian nenek moyang berhala atau upacara kemusrikan lainnya.

 

Tata Cara Penyembelihan Kurban

 

Berikut tata cara penyembelihan kurban yang benar:

 

– Membaringkan hewan kurban dengan posisi lambung kirinya ke tanah dengan muka menghadap kiblat,

 

– Mengikat semua kaki hewan tersebut dengan tali kecuali kaki sebelah kanan bagian belakang.

 

– Letakkan kaki si penyembelih di atas leher atau muka hewan tersebut supaya hewan tersebut tidak dapat menggerakkan kepalanya.

 

– Membaca Bismillah, shalawat dan takbir

 

– Apabila orang lain yang menyembelihkan, maka si penyembelih menyebutkan nama-nama orang yang berkurban.

 

– Mengasah pisau yang akan digunakan supaya lebih tajam dan mulai menyembelih hewan

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat membantu para mudhohi untuk membeli hewan kurban dengan cara mudah melalui BSI Mobile https://bsim.page.link/pembelian-hewan-kurban , transfer, QRIS, kantor perwakilan BSI Maslahat seluruh Indonesia dan platform digital https://goamal.org/kurban/ .

 

Selain live streaming, para mudhohi juga akan diberikan foto penyembelihan hewan dan sertifikat telah menunaikan kurban di BSI Maslahat.