BSI Maslahat dan Laz Harfa Beri Bantuan Fasilitas Kamar Mandi dan Sarana Air Bersih di Desa Lempuyang Banten

\"\"

BSI Maslahat bersama dan LAZ Harfa berikan bantuan dan lakukan monitoring pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) dan MCK pada Rabu, 24 Mei 2023 di Kampung Agus Guntur, Desa Lempuyang, Kec. Tanara, Kab. Serang, Banten.

\"\"

Program awareness reward pembangunan MCK untuk 10 penerima manfaat, sudah selaras dengan CLTS (Community Led Total Sanitation) di Kampung Lempuyang Kecamatan Tanara Serang. Pengerjaan pembangunan MCK di Desa Lempuyang Banten telah mencapai 80% termasuk pemasangan kayu kaso plafon dan pengerjaan septic tank.

Pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) dan MCK bertujuan untuk penyediaan pelayanan dasar masyarakat tentang air bersih, peningkatan kualitas kesehatan, meningkatkan budaya bersih di lingkungan masyarakat, serta mengembangkan sanitasi lingkungan.

Manager Charity & Assessment Group BSI Maslahat, Retno Andhini menyampaikan dengan bantuan ini diharapkan akses air bersih dan sanitasi warga Desa Lempuyang Banten bisa lebih baik. “Sehingga kualitas kesehatan masyarakat Desa Lempuyang dapat meningkat,” kata Retno.

\"\"

Masyarakat Desa Lempuyang merupakan desa dengan jumlah penduduk terbesar di Kecamatan Tanara dengan persentase penduduk sekitar 16,3 % atau sebanyak 7.132 jiwa. Berdasarkan Assessment yang telah dilakukan Tim Program LAZ Harfa, sanitasi masyarakat Desa Lempuyang, Kecamatan Tanara, Kabupaten serang secara umum masih tergolong cukup buruk. 

Untuk kebutuhan akses air minum masyarakat umumnya membeli air galon kemasan untuk kebutuhan minum dan masak di rumah. Sedangkan untuk kebutuhan akses cuci/mandi, beberapa masyarakat memanfaatkan sumber air dari sungai dengan kondisi sungai yang cukup kumuh.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia, Tbk dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR, dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan.