BSI Maslahat Lakukan Launching Rumah Tahfidz Bina Santri Indonesia di Semarang

\"\"

Semarang, 27 Mei 2023. BSI Maslahat Lakukan Launching Rumah Tahfidz Semarang. Program Wakaf Rumah Tahfidz merupakan program pendidikan dan pelatihan untuk melahirkan penghafal Al Quran dengan kurikulum berjenjang.

Rumah Tahfidz Semarang berlokasi di Bukit Flamboyan VI no.307A Sendangmulyo Kec. Tembalang, Kota Semarang. Lokasi  Rumah Tahfidz Semarang  mempunyai daya tampung sebanyak 7 orang santri dan diharapkan mampu fokus membentuk generasi qur’ani dengan kompentensi penunjang lainnya.

\"\"

Tujuan program Wakaf Rumah Tahfidz ini adalah memberikan fasilitas kepada calon muwakif untuk berkontribusi mensyiarkan penghafal Al Quran. Selain itu bisa menciptakan value penghafal Al Quran yang bermanfaat, berkah dan berkelanjutan.

Program ini juga bertujuan untuk memproduktifkan aset wakaf yang diberikan muwakif untuk pengembangan dan pengadaan aset bisnis binaan yang minim resiko dengan harapan nilai aset yang terus bertambah.  Selain itu program ini juga menjadi media belajar BSI Maslahat dalam mengelola dan mengembangkan aset wakaf.

Ketua Umum Pengurus Yayasan BSI Maslahat, Misbahul Munir berharap dengan Program Wakaf Rumah Tahfidz ini para santri bisa belajar tentang nilai-nilai kebaikan, kejujuran, kerja keras, disiplin, dan tolong-menolong.

\"\"

“Saya berharap para santri dapat menjadi teladan yang baik bagi masyarakat sekitar dan dapat memberikan manfaat positif dalam kehidupan mereka,” kata Misbahul Munir.

Visi & Misi Rumah Tahfidz BSI Maslahat adalah menjadi lembaga Tahfidz Qur’an modern berbasis life skill.  Selain itu tujuan program adalah untuk mencapai dan meningkatkan kualitas dan lulusan santri yang bisa bermanfaat di masyarakat.

Selain itu juga program ini diharapkan bisa mencetak generasi yang hafal dan memahami Al Quran serta memiliki akhlak mulia. Di tahap akhir, program ini bertujuan untuk menghasilkan santri yang berwawasan luas di bidang akademik.

\"\"

Selain Al Quran, ada beberapa kurikulum Program Rumah Tahfidz diantaranya adalah Bahasa, kepemimpinan, pemahaman akidah, akhlak dan muamalah serta lifeskill.

Model kegiatan Rumah Tahfidz ini adalah santri boarding dengan melakukan kegiatan yang merujuk ke kurikulum berjenjang dengan target yang telah ditentukan. Selain itu ada juga santri mobile yang melakukan pengajian Al Quran dengan sasaran masyarakat sekitar.

Dalam program Wakaf Rumah Tahfidz Semarang ini, santri akan tinggal di asrama dengan fasilitas makan, pembinaan, ceramah, wirausaha dan pendampingan.

Rumah Tahfidz BSI Maslahat merupakan program beasiswa untuk pelajar lulusan SLTP sederajat dengan dua jurusan yaitu Quran dan Entrepreneur dimana santri tidak hanya dibekali pendidikan Quran dan diniyah, juga kepemimpinan dan literasi ekonomi syariah,

Saat ini BSI Maslahat mempunyai 5 Rumah Tahfidz dengan total santri sebanyak 48 yang berada di beberapa kota diantaranya adalah Parung, Bogor, Cimahi, Magetan, dan Semarang. Selain itu BSI Maslahat juga mempunyai Rumah Belajar Quran yang mempunyai total santri sebanyak 92 yang ada di Tangerang dan Cipayung.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.  

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya. 

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. Melalui Goamal.org pembayaran donasi bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu dapat memilih program yang ingin didonasikan.