Yuk Simak 5 Hikmah Pelaksanaan Hari Raya Kurban

\"\"

Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha atau yang dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban. Perayaan ini jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Hijriah.

 

Kurban dalam Islam adalah sebuah ibadah yang memiliki akar sejarah yang dalam. Ibadah ini mengacu pada kisah nabi Ibrahim AS yang siap mengorbankan putra kesayangannya, Ismail AS, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Namun, dengan ujian tersebut, Allah menggantinya dengan seekor domba sebagai kurban pengganti. Kepercayaan dan kesetiaan Ibrahim AS kepada Allah SWT menjadi teladan bagi umat Muslim.

 

Di era modern ini, Kurban menjadi simbol pengorbanan diri, kedermawanan, dan berbagi dengan sesama. Saat merayakan Kurban 1444H, umat Muslim berusaha untuk menghidupkan nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah ini. Berikut adalah beberapa nilai yang bisa kita ambil dari perayaan Kurban:

 

        1.       Ketaatan kepada Allah SWT

 

Kurban adalah salah satu bentuk pengabdian yang paling utama kepada Allah. Dengan melaksanakan kurban, umat Muslim menunjukkan ketaatan mereka kepada perintah Allah untuk mengorbankan harta yang mereka cintai.

 

        2.       Ketakwaan dan kesucian hati

 

Ketika kita melaksanakan kurban, kita harus memiliki niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT semata. Dalam proses ini, umat Muslim diajak untuk membersihkan hati dan mengokohkan ketakwaan mereka kepada Allah.

 

        3.       Kepedulian sosial

 

Salah satu tujuan dari kurban adalah untuk berbagi dengan sesama, terutama kepada mereka yang kurang mampu. Daging hasil kurban dibagikan kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan, sehingga memperkuat tali persaudaraan dan membantu meringankan beban mereka.

 

        4.       Meneladani semangat pengorbanan

 

Seperti yang ditunjukkan oleh Ibrahim AS, kurban mengajarkan kita tentang semangat pengorbanan diri dan mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi. Ibadah kurban mengajarkan umat Muslim untuk menghargai nilai-nilai pengorbanan dalam kehidupan sehari-hari.

 

        5.       Penyucian diri

 

Kurban juga berfungsi sebagai bentuk penyucian diri dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT. Dalam proses ini, umat Muslim diingatkan untuk meningkatkan kualitas spiritualitas mereka dan meningkatkan ikatan mereka dengan Sang Pencipta.

 

Selain nilai-nilai tersebut, Kurban 1444H juga memberikan pelajaran tentang persaudaraan dan solidaritas umat Muslim di seluruh dunia. Saat menyaksikan atau melaksanakan kurban, kita merasakan kebersamaan dan ikatan spiritual yang menghubungkan kita dengan jutaan Muslim lainnya di berbagai penjuru dunia.

 

Penting untuk diingat bahwa Kurban bukanlah sekadar ritus formalitas, tetapi juga panggilan untuk berbuat kebaikan dan meningkatkan kehidupan umat manusia secara keseluruhan. Dalam perayaan Kurban 1444H, mari kita merenungkan makna dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, serta menjadikan pengorbanan dan kebaikan sebagai bagian integral dari hidup kita sehari-hari.

 

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. 

 

Pada tahun ini, BSI Maslahat membantu para mudhohi untuk membeli hewan kurban dengan cara mudah melalui BSI Mobile https://bsim.page.link/pembelian-hewan-kurban  , transfer, QRIS, kantor perwakilan BSI Maslahat seluruh Indonesia dan platform digital https://goamal.org/kurban/  .

 

Selain live streaming, para mudhohi juga akan diberikan foto penyembelihan hewan dan sertifikat telah menunaikan kurban di BSI Maslahat.